Urutan Kegiatan Produksi Dalam Percetakan

Artikel ini penting sekali anda pahami ketika akan memulai binsis percetakan baik itu dalam model digital printing misalkan sampai dengan offset printing.

Berdasarkan apa yang kami review beberapa hari lalu dari salah satu pengusaha digital printing Surabaya menjelaskan dalam tahap produksi sendiri ada beberapa tahap dasar yang sangat umum akan dilakukan sampai dengan akhir.

Apa saja itu ? mari kita simak dimana ini akan berkaitan dengan kualitas hasil dari cetakan, kemudian warna, pola dan hal hal sederhana lainnya.

Menyusun huruf

Yang pertama adalah menyusun huruf dimana dalam proses ini nanti akan diseting ulang, mau menggunakan ukuran jenis huruf apa.

Melakukan Settingan

Dalam bagian ini, seorang editor akan mulai melakukan pengecekan ulan dokumen yang akan di print, dimana memang kerap kali terjadi kesalahan atau typo.

Jadi benar benar dicek secara teliti sebelum masuk pada proses selanjutnya. Dan kalau ada yang salah maka wajib dibenarkan.

Lay-Out

Dalam tahap ini lebih ke sisi perapian dari dokumen yang akan di print. Apakah itu berbentuk buku, kemudian dokumen lainya.

Imposisi

Nah ini yang wajib dalam dunia offset printing, Imposisi adalah persiapan cetak dalam jumlah yang banyak. Dimana tentu saja dari ukuran kertas dan yang lain harus benar benar di atur dengan benar.

Reprografi

Dalam tahap ini lebih ke sisi tekhnis memang, dimana ini adalah tahap produksi yang menyangkut fungsional dari fotografi, kemudian film sampai dengan pemerosesan plate.

Pembuatan Plate

Pada tahap ini, akan diproses film hasil dari Reprografi sehingga nanti akan keluar dengan jelas hasil print previewnya.

Pencetakan Offset

Nah tahap ini sudah sampai pada proses pencetakan nantinya.

Pelipatan

Ini bagian perapian, dimana dokumen hasil cetakan akan dirapikan apakah itu dilipat, digulung atau di jilid sesuai dengan jenis dokumenya tentu saja.

Merapikan

Tidak ketinggalan tentu saja tahap perapian, disini anda akan mulai merapikan hasil printing sehingga benar benar harus siap dan akan diserahkan kepada pelanggan anda. Dalam tahap merapikan ini, anda akan memotong, mengumpulkan dan menyusun juga tentu saja.

Nah itu dia tahap tahap dalam dunia percetakan offset printing. Semoga bisa membantu!