Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan ialah suatu hal yang penting dalam aspek kehidupan . Lingkungan yang bersih akan memberikan berbagai dampak positif yang dapat anda rasakan baik dari segi kenyamanan dan kesehatan . Selain itu lingkungan yang bersih juga dapat memberikan suasanya ketenangan sehingga pikiran kita dapat berjalan lebih positif . Sayangnya terkadang beberapa orang masih malas untuk membersihkan lingkungan sekitar , padahal dampak negatif dari lingkungan yang kotor akan dirasakan oleh diri sendiri . Maka dari itu berikut adalah tips sederhana untuk memulai menjaga kebersihan lingkungan .

Mulai Dari Lingkungan Rumah

Dalam menjaga kebersihan mulai lah dari menjaga kebersihan di tempat tinggal anda sendiri baik di dalam rumah maupun pekarangan rumah . Jangan biasakan sampah pada tong sampah stainless menumpuk karna akan menimbulkan bau busuk . Selalu bersihkan dan rapihkan kondisi rumah anda karena bila rumah anda bersih dan terlihat rapih ini akan membuat anda lebih nyaman untuk berada di rumah . Tidak lupa juga untuk membersihkan pekarangan rumah anda dari sampah-sampah yang bertebaran di halaman rumah anda .

Hiasi Pekarangan Dengan Tanaman

Menanam tanaman di pekarangan rumah selain dapat mempercantik pekarangan rumah secara visual namun juga dapat memberikan kesejukan serta aura positif yang dapat menenangkan pikiran . Selain tanaman hias , anda juga bisa menanam sayur-sayuran serta pepohonan yang menghasilkan buah agar selain mendapatkan kesejukan dari oksigen yang di hasilkan , anda juga dapat memetik hasil dari sayuran dan buah buahan yang di tanam .

Gotong royong Dalam Menjaga Kebersihan Desa

Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya tak luput dari kegiatan gotong royong . Anda dapat mengikuti kegiatan gotong royong dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan desa . Hal ini selain membuat kebersihan lingkungan desa lebih terjaga juga dapat mempererat tali silaturahmi antar masyarakat .

Memanfaatkan barang yang tidak terpakai

Sebelum anda membuang sampah . anda dapat memisahkan beberapa sampah yang dapat anda manfaatkan . seperti memanfaatkan sampah rumah tangga untuk menjadi pupuk . memanfaatkan ember kaleng cat menjadi pot bunga  dan berbagai barang yang lainya dapat anda manfaatkan sebisa mungkin . Hal ini dilakukan dengan tujuan meminimalisir sampah yang ada serta membuat barang bekas atau tidak terpakai menjadi memiliki nilai .

Belajar membersihkan dan menjaga lingkungan harus diterapkan sejak dini , karna tidak ada seorangpun yang nyaman berada di lingkungan yang kotor . Maka dari itu biasakanlah menjaga lingkungan dari sampah ,baik di rumah , kantor , sekolah maupun lingkungan desa .