Pentingnya Surat Nikah Siri Bagi Pasangan Suami Istri

Bagi orang – orang yang memutuskan untuk melangsungkan pernikahan secara siri, biasanya nantinya akan memperoleh yang namanya surat nikah siri dari pihak yang menikahkan. Adapun surat ini biasanya diberikan oleh jasa nikah siri sebagai tanda bukti bahwa kedua mempelai tersebut telah resmi berstatus sebagai pasangan suami istri secara sah di mata agama. Namun, tahukah Anda mengenai apa saja pentingnya pasangan perlu adanya surat nikah siri tersebut?

Kegunaan surat nikah siri

Pada umumnya, pasangan yang memilih menikah secara siri terkadang akan mengalami sedikit kesulitan ketika harus berurusan dengan administrasi kependudukan. Maka dari itu, pasangan tersebut perlu untuk membuat surat keterangan menikah siri dari pihak yang menangani pernikahan tersebut. Nah, kegunaan dari adanya surat keterangan ini yakni agar legalitas pernikahan tersebut dapat diakui oleh negara yang ditempati.

Apa saja yang harus ada dalam surat nikah siri?

Seperti yang tertera dalam contoh surat nikah siri secara sah, biasanya akan ada beberapa unsur penting yang harus dipenuhi bagi pasangan yang menikah secara siri. Adapun beberapa unsur penting tersebut di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Nama surat yang terletak di bagian tengah atas.
  • Tercantum secara jelas identitas dari suami istri yang melangsungkan nikah siri.
  • Ada isi pernyataan yang menyatakan bahwa si pembuat surat telah terikat dalam menjalani hubungan pernikahan.
  • Bagian penutup surat nikah siri.
  • Adanya tanda tangan dari pihak pasangan suami, istri dan saksi pernikahan.

Dalam jasa yang melayani pernikahan secara siri ini biasanya akan menetapkan beberapa aturan tersendiri bagi setiap pasangan yang ingin melakukan nikah siri. Nah, beberapa aturan yang menjadi larangan keras pihak jasa nikah siri yakni sebagai berikut :

  1. Tidak berwenang untuk menerbitkan buku nikah.
  2. Tidak melayani adanya pernikahan secara kontrak.
  3. Penghulu nikah enggan menikahkan wanita yang masih berstatus sebagai istri orang.
  4. Tidak melayani pernikahan yang calon mempelainya dikatakan belum cukup umur dalam menjalin pernikahan.
  5. Tidak melayani pernikahan nikah siri beda agama.

Itulah pentingnya surat nikah siri, seperti yang dilakukan oleh jasa nikah siri surabaya dan beberapa unsur penting di dalamnya yang harus diperhatikan dan diketahui oleh para pasangan sebelum memutuskan untuk melakukan pernikahan secara siri.