Situs Penyedia Jasa Pembuatan Website

Apa itu platform pembuatan situs web?

Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, layanan pembuatan situs web telah ada sejak lama. Apakah “Geocities” terdengar familiar bagi Anda? Platform ini dibuat pada tahun 1994 dan merupakan salah satu cikal bakal raksasa saat ini seperti Wix atau Weebly.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, Anda dapat membayangkan jenis platform ini sebagai kumpulan templat yang mirip dengan yang ditawarkan oleh Microsoft Word. Pembuat halaman web menghilangkan kebutuhan Anda untuk mengetahui bahasa pemrograman apa pun, seperti HTML atau Javascript, dan bergantung pada sesuatu yang disebut WYSIWIG.

WYSIWIG adalah singkatan dari “Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan” dan pada dasarnya adalah antarmuka grafis yang memungkinkan bahkan pemula untuk menelusuri gambar dan menulis blok teks seperti yang mereka lakukan dalam lembar memo di dunia fisik.

Secara metaforis, konsepnya adalah hal yang paling dekat dengan memiliki toko virtual, dan pembuat situs web telah membuat segalanya sesederhana mungkin.

Bagaimana cara memilih platform jasa pembuatan website terbaik?

Ada banyak variasi dalam hal jumlah dan jenis platform pembuatan halaman web yang tersedia saat ini. Beberapa berspesialisasi dalam pemasaran email dan yang lain menawarkan solusi e-commerce kelas dunia. Di sisi lain, beberapa menghargai kesederhanaan, sementara yang lain menawarkan begitu banyak fitur yang dapat disesuaikan sehingga dapat membanjiri pembuat situs web pemula.

Karena itu, ketika memilih platform, hal pertama yang harus Anda perjelas adalah apa yang Anda inginkan. Pikirkan baik-baik tentang jenis halaman web apa yang ingin Anda buat: Apa yang akan menjadi fokus utama, teks atau gambar? Apa jenis desain yang Anda inginkan? Berapa banyak Anda bersedia membayar?

Setelah Anda membuat gambaran mental yang jelas untuk situs web Anda, dan memiliki anggaran yang jelas, Anda siap untuk mulai membandingkan berbagai platform yang tersedia di pasar. Jika Anda pernah menggunakan pembuat situs web sebelumnya, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri apakah Anda siap untuk mencoba beberapa platform yang lebih kompleks.

Anda juga harus mempertimbangkan, jika Anda biasanya akan membuat dan mengedit halaman web dari perangkat seluler atau dengan komputer. Sebagian besar layanan pembuatan halaman web menawarkan template yang disesuaikan dengan perangkat seluler, tetapi tidak semua akan memungkinkan Anda untuk mengedit versi seluler tanpa juga mengubah versi komputer.

Memilih platform pembuat situs web bisa tampak rumit, tetapi untungnya sebagian besar menawarkan uji coba gratis, jadi Anda selalu memiliki opsi untuk berubah pikiran.

Platform pembuatan situs web VS perangkat lunak desain web

Platform pembuat situs web dan perangkat lunak desain web tentu memiliki banyak kesamaan. Keduanya dapat digunakan untuk membuat halaman web yang sangat menarik dan terlihat profesional dengan semua fitur yang dibutuhkan bisnis Anda.

Perbedaan utamanya adalah seberapa banyak pengetahuan sebelumnya yang diperlukan untuk menggunakannya dan pada tingkat detail dan penyesuaian yang dapat Anda capai. Secara umum, pembuat situs web adalah platform online, seringkali tersedia dengan versi gratis, yang banyak menekankan pada kesederhanaan.

Mereka umumnya menawarkan editor di mana Anda hanya perlu menarik dan melepas item di tempat yang Anda inginkan. Perangkat lunak desain web, di sisi lain, biasanya sedikit lebih kompleks, beberapa ditujukan untuk pemrogram berpengalaman dan menawarkan opsi pemrograman situs web dengan kode.

Perbedaan utama lainnya antara alat desain web, seperti Adobe Dreamweaver, dan platform pembuatan halaman web, adalah harga. Program desain web cenderung lebih mahal, dan mungkin tidak ada pilihan gratis. Dan, meskipun mereka mencoba menawarkan pengalaman intuitif, kenyataannya Anda harus memiliki pengetahuan pemrograman untuk dapat menggunakannya dengan benar.

Akhirnya, apakah platform pembuatan situs web atau perangkat lunak desain web yang tepat untuk Anda akan sangat bergantung pada tingkat pengalaman Anda dan juga jenis situs web yang Anda butuhkan. Dalam kebanyakan kasus, platform authoring sudah cukup, tetapi jika Anda ingin mencoba sedikit lagi, Anda tidak akan kehilangan apa pun dengan mencoba solusi desain web.