Prosedur Lengkap Bekerja di Ketinggian dan Cara Supaya Tetap Aman

Kondisi selalu aman dalam bekerja menjadi sebuah prioritas utama. Hampir pada semua jenis pekerjaan harus menerapkan protokol keselamatan pekerja yang tentu saja biasanya ada dalam sebuah prosedur kerja.

Dalam beberapa jensi pekerjaan yang sangat rentan mengalami kondisi terbesar mendapatkan musibah adalah mereka yang bekerja di ketinggian

Bekerja di tempat yang tinggi membutuhkan nyali besar, tidak hanya itu anda juga harus paham bagaimana cara bekerja yang aman, mengahfal medan yang akan anda naikin, sampai dengan memperhatikan kondisi kesehatan sebelum melakukan panjatan tinggi.

Banyak sekali jenis pekerjaan yang saat ini sangat akrab dengan ketinggian, misalkan saja mereka yang bekerja memperbaiki sinyal pada tower tower yang tingginya sampai dengan 100 meter.

Kemudian bagi anda tukang bangunan yang bisa saja mengerjakan sebuah hotel dan menara tinggi dalam hal finisihing terkecil tidak bisa menggunakan alat bantuan melainkan langsung terjun disana dan ini juga sangat akrab sekali dengan ketinggian.

Oleh karena itu, pada perusaahaan resmi akan diberikan dengan lengkap kepada pekerjanya yang dinamakan dengan tanggungan asuransi jiwa dan ini wajib sekali demi memberikan cover penuh kepada pekerjanya yang bekerja dalam kondisi penuh risiko.

Sebagai informasi penting kami akan berikan beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum melakukan pekerjaan di tempat yang tinggi ini sehingga mengurangi risiko adanya kecelakan kerja.

Tahapan Persiapan

  1. Yang paling utama anda lakukan sebagai pekerja adalah tentu saja harus menganalisa dulu medan tempat yang akan anda panjat. Hal ini berguna untuk memudahkan anda nantinya ketika sudah memulai pekerjaan anda kira kira resiko apa yang akan terjadi jika cara anda naik seperti ini dan lain sebagainya.
  2. Kemudian jangan lupa siapkan alat penunjang penting dan ini wajib anda gunakan yakni alat APD. Dimana untuk pekerja di daerah ketinggian ini akan dibekali dengan alat yang dinamakan dengan full body harness double .
  3. Kemudian jangan pernah memaksakan diri anda berada di titik yang sangat tinggi dalam kondisi fisik yang kurang fit. Alangkah baiknya memang anda priksa kondisi fisik dan pikiran dulu, karena suasana dibawah dan diatas tentu akan sangat jauh  berbeda mulai dari suhu, kemudian hembusan angin dan yang lainya.
  4. Dan yang tidak kalah pentingnya juga lakukan pemeriksaan secara berkala pada scaffolding yang akan anda pakai. Kalau dalam sisitem resmi alat ini akan terus di pantau kondisinya dibawah pengawasan HSE.
  5. Berikan rambu rambu di bagian bawah jika anda sedang melakukan pekerjaan pada bagian atas sehingga meminimalisir kondisi terburuk akibat ketidak tahuan orang pada bagian bawah anda, seperti tiba-tiba melakukan pemindahan posisi scaffolding dan yang lainya.

Kami tambahkan sedikit masalah scaffolding ini, dimana ini adalah jenis alat yang dibuat oleh manusia atau ada pabrikanya.

Dimana ini salah satu pengganti tangga yang sampai saat ini diyakini paling aman dalam pekerjaan yang tinggi.

Namun tentu saja dalam hal pemantauan kondisi scaffolding ini sendiri anda juga jangan sampai lali. Minimal anda tau panduan dasar menggunakanya dengan benar seperti dibawah ini:

  • Memastikan kondisi pipa, kemudian flatform scaffolding masih layak pakai tidak ada kerusakan pada bagian ini seperti karatan, kemudian retak apalagi sampai bengkok dan putus.
  • Kemudian anda juga harus tahu kondisi dimana scaffolding ini di tumpukan. Tumpuan terbaik adalah pada medan yang datar dan kuat. Jangan sesekali meletakan scaffolding pada posisi tanah yang miring apalagi rentan amblas.
  • Kemudian jangan lupa pada rangkaian scaffolding yang sangat tinggi akan disatukan dengan ikatan, kemudian koncok kunci yang saling terkait tugas anda pastikan semuanya dalam kondisi aman dan kuat
  • Kemudian alat lain seperti tangga bantuan juga perlu anda siapkan

Masih belum selesai, ketika anda sedang melakukan pekerjaan maka jangan lupa juga perhatikan beberapa hal penting ini:

  1. Selalu cek tempat anda mengaitkan full body harness harus kuat dan erat
  2. Sebisa mungkin ada material yang kiranya menjadi penghalang maka perlu di bersihkan dulu
  3. Kalau cuaca tidak bersahabat seperti hujan dan grimis maka segera istriahat
  4. Bawa perkakas seperlunya saja jangan kebanyakan karena akan menjadi beban

Kemudian setelah anda selesai melakukan pekerjaan anda memang ada baiknya juga melakukan hal penting lainya seperti membersihkan lokasi kerja, dan yang terakhir melakukan ijin penutupan lokasi kerja.

Terakhir kami akan mencoba merinci beberapa alat APD wajib yang harus anda gunakan ketika bekerja di ketinggian antara lain : ( safetey shoe, kacamata, helem, kemudian tambahan ada juga coverall, sarung tangan sampai dengan full body harness double book )

Namun bagaimana nasih pekerja yang tidak ditanggung oleh perusahaan misalkan dalam hal keselamatan ini, tenang saja anda bisa manfaatkan fasilitas saat ini seperti dengan menggunakan layanan asuransi online disana anda bisa mencari info secara online tanpa harus mengunjungi agen asuransi yang akan anda gunakan.