Persiapkan Hal – Hal Dibawah Ini Sebelum Masuk Sekolah Offline

Dengan pergantiannya dari sekolah online ke offline, kegiatan yang baru ini merepotkan mulai dari siswa, sekolah sampai dengan orang tua. Tentunya, sangat membingungkan karena belum terbiasa dengan kegiatan yang setelah sekian lama ini tidak dilakukan. Tidak perlu cemas, berikut hal-hal yang perlu disiapkan sekolah dan orang tua sebelum sekolah offline dimulai.

Yang Perlu Disiapkan oleh Sekolah sebelum Masuk Tatap Muka

1. Membentuk Satgas serta Bekerja Sama dengan Instansi Kesehatan

Tugas yang diemban oleh Satgas adalah mengawal keselamatan serta keamanan warga di sekolah selama pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Sekolah bisa melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan, pemerintah daerah juga instansi kesehatan terdekat. Hal ini bermanfaat untuk kegiatan preventif, edukatif dan penangannya.

2. Protokol Kesehatan                        

Semangat belajar saat pandemic kembali tumbuh saat kebijakan PTM dilaksanakan. Hal yang penting yang harus dilakukan sekolah adalah memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat dan efektif seperti bagaimana mengatur agar siswa tidak berkerumun, cuci tangan dan mengenakan masker saat berada di lingkungan sekolah. Hal ini untuk menghindari cluster baru.

3. Menawarkan Sosialisasi dengan Orang Tua

Agar kebijakan dan aturan selama PTM diikuti oleh siswa maupun orang tua, sosialisasi antara guru dan orang tua perlu dilakukan. Orang tua bisa mendukung proses belajar tatap muka dengan memastikan kesehatan anak, membiasakan anak mematuhi aturan dan protokol kesehatan.

6. Persiapkan Fasilitas Belajar

Kembali ke sekolah setelah sekian lamanya pandemic tentu sangat berbeda dengan sekolah sebelum pandemi. Untuk itu, perlu dilakukannya penyesuaian terkait sarana dan prasarana. Contohnya, apabila sekolah melakukan pembelajaran hybrid, maka sekolah harus menyiapkan sarana berupa webcam, internet, dan lain-lainnya.

7. Mengatur Ulang Jadwal Belajar

Berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, waktu belajar tidak selama biasanya saat belajar tatap muka dilaksanakan. Oleh karena itu, sekolah perlu untuk menata ulang jadwal pelajaran dan mencari solusi atau alternatif yang bisa digunakan agar dapat di antisipasinya learning loss.

Yang Perlu Dilakukan oleh Orang Tua sebelum Masuk Tatap Muka

1. Bergabung dengan Sekolah Murid Merdeka                 

Sekolah Murid Merdeka atau SMM merupakan sekolah inovatif yang juga dapat anda pilih untuk ikuti seperti daring rutin atau Blended Learning (gabungan antara tatap muka dan online). Sekolah ini berfokus dalam mengoptimalkan siswa tumbuh sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Fasilitas yang dimilikinya juga lengkap sehingga anda pasti puas.

Pergantian dari sekolah online ke sekolah offline memang merepotkan sehingga diperlukannya hal-hal yang dipersiapkan tidak hanya bagi siswa tapi juga sekolah dan orang tua. Hal-hal di atas bisa anda lakukan sebagai sekolah juga orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka. Mulai dari membentuk satgas bagi sekolah maupun bergabung ke SMM.