Melihat Keseruan Bermain Permainan Boi-Boian

Permainan Boi-Boian

Permainan boi-boian mungkin sedikit asing ketika didengar oleh telinga anak zaman sekarang. Wajar saja, karena permainan ini merupakan permainan tradisional kuno yang sudah sangat jarang dimainkan saat ini. Terlebih lagi jika melihat kecanggihan teknologi yang semakin modern membuat permainan ini sedikit demi sedikit hilang dan pupus dari kalangan masyarakat.

Permainan tradisional yang satu ini memang sempat populer di masanya. Permainan ini mirip seperti permainan dari negara tetangga, yaitu Malaisya. Bedanya, disana lebih dikenal dengan nama permainan “lempar selipah” yang artinya lempar sandal. Peralatan yang digunakan juga menggunakan sebuah sandal. Berbeda dengan permainan boi-boian yang menggunakan bola mainan dan pecahan genteng.

Manfaat Permainan Boi-Boian

Tak hanya berperan sebagai permainan belaka, ternyata permainan boi-boian juga memiliki manfaat bagi para pemainnya. Baik itu bermanfaat bagi kebugaran jasmani ataupun perkembangan pola piker anak. Kebugaran jasmani yang didapat melalui permainan boi-boian ini datang dari olahraga ringan yang tersirat di sepanjang permainan. Seperti berlari.

Sedangkan perkembangan pola piker yang bisa diambil dari permainan boi-boian ini seperti kecerdasan majemuk pada anak lebih meningkat, kemampuan berpikir secara kreatif akan lebih tumbuh dalam otak anak. Maka dari itu, permainan boi-boian ini tidak dapat disepelekan begitu saja. Karena permainan boi-boian juga dapat membawa manfaat yang baik pada perkembangan anak sejak dini.

Peralatan dan Tata Cara Bermain Permainan Boi-Boian

Peralatan yang dibutuhkan dalam permainan boi-boian ini cukup mudah untuk didapatkan. Hanya dengan beberapa buah bola yang terbuat dari plastik dengan ukuran sebesar bola pimpong. Selain itu, beberapa pecahan genteng untuk nantinya disusun kembali oleh tim yang bertugas untuk menjaganya.

Perlu diketahui bahwa permainan boi-boian ini masuk ke dalam jenis permainan beregu. Semua anggota yang ikut akan dibagi menjadi dua tim sama banyak. Semakin banyak yang join, semakin seru juga permainannya. Satu tim bertugas sebagai tim yang mempertahankan diri sembari menyusun pecahan genteng yang berhamburan. Sedangkan tim lainnya adalah mencoba membunuh lawan dengan melemparkan bola kea rah lawan.

Yang paling utama adalah, tim pertahanan tidak boleh terkena lemparan bola dari tim lawan. Apabila terkena, maka dia akan dinyatakan gugur.