Pengobatan Alami Rematik Dengan Noni Juice

pengobatan alami rematik

Penyakit rematik merupakan bentuk penyakit arthritis atau gangguan sendi yang berkaitan dengan sistem autoimun. Biasanya terapi dilakukan hanya untuk mengatasi keluhan, namun sulit untuk meredam penyebabnya. Namun, dalam laman deherba.com dijelaskan bagaimana sejumlah herbal termasuk noni dapat bekerja sebagai pengobatan alami rematik.

Apa Yang Menyebabkan Rematik Berbeda?

Penyakit rematik adalah bentuk arthritis yang disebabkan oleh efek autoimun. Autoimun merupakan kondisi dari sistem daya tahan tubuh. Dimana produksi enzim dan senyawa senyawa pemicu peradangan diproduksi lebih tinggi.

Akibatnya, sistem daya tahan tubuh tidak lagi bekerja dengan normal. Alih alih fokus melindungi diri dari serangan unsur asing berbahaya seperti partikel logam bahaya, toksin atau virus. Sistem daya tahan tubuh malah menyerang diri sendiri. Dalam kasus rematik, sistem daya tahan tubuh menyerang lapisan dari persendian.

Kerusakan pertama terjadi pada lapisan pertama dari membran sendi atau sinovium. Ini adalah lapisan pelindung dari sendi. Sehingga ketika lapisan ini rusak, area persendian hingga tulang rawan atau kartilago akan sangat rentan mengalami kerusakan. Pergesekan antar sendi akibat bergerak dengan cepat memicu iritasi, luka bahkan infeksi dan pembengkakan.

Area persendian sendiri lama lama akan terkikis. Akibatnya pasien rematik biasanya pada jangka panjang akan sulit berjalan dan beraktivitas normal karena rasa nyeri dan kerusakan sendi serta tulang.

Mengapa Pengobatan Alami Rematik Dengan Noni Efektif?

Ketika seorang pasien dinyatakan mengidap rematik, secara medis terapi yang lazim diberikan adalah terapi obat Non steroid.

Terapi ini bekerja untuk meredakan keluhan, seperti membantu mengatasi rasa nyeri dan bekerja sebagai anti radang. Pada dasarnya terapi ini manjur, tetapi tidak sepenuhnya mengatasi masalah.

Karena terapi tidak bekerja menyasar langsung pada fungsi autoimun. Maka keluhan nyeri dan peradangan sewaktu waktu dapat muncul kembali. Dan bukan tidak mungkin akan memburuk dalam jangka panjang.

Dari sini noni bekerja dengan cara yang lebih relevan untuk pengobatan alami rematik. Meski tidak bekerja dengan cepat mengatasi nyeri sebagaimana terjadi pada obat non steroid, tetapi efek jangka panjangnya justru membantu mencegah rematik untuk kambuh kembali.

Ini karena dalam buah noni sendiri ditemukan adanya kandungan terpenoid. Ini adalah senyawa antioksidan yang efektif sekali mengatasi peradangan. Tidak sekedar meredakan peradangan, tetapi juga efektif membantu mempercepat proses regenerasi sel. Hingga akan membantu proses pemulihan persendian yang rusak.

Pengobatan alami rematik ini juga mengandalkan kandungan flavonoid dan quercetin dalam noni yang terbukti memberi efek baik dalam menurunkan intensitas peradangan dan efektif dalam mengendalikan masalah autoimun.

Pembuktian klinis tentang manfaat noni untuk pengobatan alami rematik sendiri sudah dilakukan dalam sejumlah riset. Salah satu yang terbaru dijelaskan dalam jurnal Biological & Pharmaceutical Bulletin tahun 2019.

Uji terhadap sampel tikus membuktikan bahwa terapi ekstraksi noni pada sampel yang mengalami rematik akan membantu sampel mengalami perkembangan positif. Dan dikatakan relatif aman untuk diberikan berulang pada pasien.

Sejumlah riset pendahulu juga memperlihatkan khasiat noni untuk membantu proses penyembuhan keluhan arthritis dan sebagai pengobatan alami rematik. Seperti pada Journal of Pharmacy Research tahun 2012.

Efek anti peradangan dari noni sendiri pernah secara spesifik dijelaskan dalam Mediators of Inflammation 2017. Di sini dijabarkan manfaat noni untuk mengendalikan produksi senyawa sitokin yang menjadi penyebab utama peradangan dalam tubuh. Sitokin sendiri adalah senyawa dari sistem imun yang bekerja melawan gangguan infeksi namun juga memicu peradangan.

Cara tepat Mengonsumsi Noni Untuk Rematik

Untuk mendapatkan manfaat noni untuk terapi rematik, Anda bisa gunakan terapi dengan buah segar yang di haluskan atau direbus. Minum air jus alami atau rebusan tersebut secara rutin untuk hasil optimal.

Namun sebenarnya, pengobatan alami rematik ini bisa dilakukan dengan cara lebih mudah. Karena produk noni juice di pasaran juga sudah tersedia di pasaran. Hanya pastikan pilih produk berkualitas dan mengandung komposisi noni yang telah diadaptasi dari riset riset terkait.