Pengertian dan Fungsi Stock Opname Untuk Bisnis

Stock opname adalah keliru satu kesibukan signifikan didalam mengelola persediaan bisnismu. Kesibukan ini juga kudu dikerjakan secara rutin dan berkala. Dan pastinya, stock opname dijalankan oleh usaha yang punyai aset persediaan barang, layaknya ritel. Contohnya swalayan dan supermarket.

vdefinisi Stock Opname

Pengertian stock opname merupakan kegiatan perhitungan stok barang yang tersedia di didalam gudang dan siap untuk dijual. Artinya, stock opname adalah kesibukan yang kudu ditunaikan segera di di dalam gudang. Dikarenakan, anda wajib mengecek dan menghitung stok barang secara fisik.

Stock opname sendiri konsisten dikerjakan walaupun di jaman modern waktu ini, di mana usaha telah kenakan platform terkomputerisasi untuk mencatat stok persediaan barang, lho! Soalnya, penghitungan stok persediaan fisik secara segera di gudang lantas dipergunakan untuk mengonfirmasi akurasi jumlah stok yang tercatat di didalam platform.

pentingnya Melaksanakan Stock Opname

Secara garis besar, tujuan berasal dari stock opname adalah untuk memastikan kesesuaian dan akurasi stok barang fisik bersama stok yang tercatat di di dalam catatan pembukuan maupun barang. Dan apabila terdapat ketidaksesuaian, anda sebagai pemilik bisnis pun dapat menentukan apa langkah berikutnya yang mesti ditunaikan, plus penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan akurasi laporan keuangan supaya menggambarkan keadaan yang sesungguhnya

Rekomendasi untuk anda : Jasa audit

 

 

Manfaat Stock Opname

  • Meminimalkan risiko ketidaksesuaian stok barang, baik itu ketidaksesuaian karena lebih atau kurang.
  • Mempercepat proses tindak lanjut dan investigasi apabila diketahui bahwa ada stok barang yang kurang atau hilang, sehingga risiko kekurangan atau kekosongan stok barang yang dijual bisa diminimalkan.
  • Menjadi pertimbangan penting dalam proses analisis bisnis saat dibandingkan dengan data stok barang dari stock opnameperiode sebelumnya.
  • Membantu mengetahui aliran masuk dan keluar stok barang secara lebih pasti.
  • Mengecek secara langsung kondisi barang yang ada di dalam gudang untuk memastikannya selalu dalam kondisi yang baik dan memenuhi standar untuk dijual.

Meskipun penting, stock opname sendiri merupakan aktivitas yang jelas akan menyita waktu dan tenaga. Bahkan, biasanya stock opname berarti bahwa kamu harus meliburkan usahamu dulu selama setidaknya satu hari. Artinya, kamu akan kehilangan potensi penjualan sehari, kan?

Untungnya, kamu bisa dapatkan solusi yang lebih baik tanpa harus kehilangan potensi penjualan saat jadwalnya stock opname tiba.

Dengan Leukeun Service, semua pencatatan transaksi penjualan dan stock akan tercatat secara reatime dan otomatis, sehingga anda tidak perlu lagi membuang buang waktu untuk melakukan stock opname manual.