Pedagang Papan Bunga Raup Omset Rp 60 Juta Setiap Bulannya

Saat hajatan syukuran kelahiran anak, khitan, pesta perkawinan, pelantikan-pelantikan atau peresmian-peresmian, seringkali dijumpai papan karangan bung. Bahkan, sementara ada yang meninggal dunia, ada papan bunga ucapan duka cita.

Usaha bikin papan bunga ucapan ini tidak mengenal musim, penyedia jasa atau toko-toko bunga tawarkan beragam model dan ukuran papan bunga ucapan.

Owner CV Maulana, Aspian mengatakan, salah satu kelebihan bisnis memproduksi papan bunga ucapan ini adalah tidak mengenal musim.

Karena punya prospek yang bagus, awalannya membikin papan bunga ucapan ini cuma sampingan kini telah menjadi digarap maksimal.

“Tetapi yang utama tetap rental tanaman dan jasa perawatan taman. Kalau bunga papan dari kita manfaatkan bunga sintetis atau plastik, proses sewa antara dua sampai lima hari.

Dijelaskannya, gara-gara proses sewa inilah maka lokasi acara bebas sampah styrofoam yang beresiko bagi lingkungan. Tuan rumah tidak mesti sibuk bersihkan dan membereskannya, gara-gara selesai acara beberapa hari, pihaknya membereskan.

Adapun ukuran papan bunga ucapan panjang 240 sentimeter dan lebar 175 sentimeter. Penyewa dikenakan tarif untuk lokasi Banjarbaru dan Martapura Rp 500 ribu sedangkan ke Banjarmasin Rp 600 ribu.

Dijelaskannya, papan bunga ucapan miliknya manfaatkan bunga bahan sintetis maka bisa dipajang untuk didalam ruangan atau luar ruangan, walau berhari-hari tetap bagus. Selain itu, papan bunga memproduksi CV Maulana tahan banting.

Bagi yang mendambakan bunga segar, sebenarnya bisa saja dikombinasikan, pada intinya cocok request. Hanya saja kalau mendambakan mengombinasikan bersama dengan bunga segar ada tambahan cost Rp 300 ribu,” ujarnya.

Dari segi ukuran, papan bunga ucapan dari Cv Maulana lebih besar dari yang styrofoam, dan harganya juga lebih ekonomis. Lebih hemat dan ramah lingkungan.

Toko bunga merupakan bisnis yang tetap menjanjikan ditengah suasana ekonomi sementara sekarang ini melesu. Rata-rata didalam sebulan apalagi bisa meraup omset di atas Rp 60 juta.

Manager Operasiona Toko Bunga Anggrek, Murarror atau akrab disapa Irul itu mengatakan, didalam seminggu ada saja yang memesan karangan bunga. Setiap hari sebenarnya tidak menentu.
Pihaknya tawarkan beragam ukuran karangan bunga. Pengerjaan satu karangan bunga selama satu jam, terkait ukuran, dijalankan oleh tiga sampai empat orang.

Bahan karangan bunga pihaknya manfaatkan bunga segar layaknya mawar, krisan, master anturium. Semua bunga-bunga itu didatangkan dari toko bunga papan jakarta.

Pihaknya tidak mengenakan cost kirim bagi pemesan yang berada di Banjarmasin. Sedangkan untuk Banjarbaru dikenakan cost kirim Rp 150 ribu, Pelaihari Tanah Laut Rp 300 ribu, Martapura Rp 300 ribu.