Mesin Pencari Yang Populer Selain Google

Di zaman teknologi yang makin maju saat ini, hampir semua orang tidak terlepas dari internet. Banyak aktivitas yang sekarang dapat dilaksanakan secara digital atau online seperti jual, beli, mengirim uang, rapat, pesan ticket, bahkan juga cari tahu alamat tempat.

Orang perlu buka mesin pencari, dan yang paling sering dipakai ialah google. Dengan google, banyak jawaban atas pertanyaan remeh dalam hati kita terjawab dalam beberapa menit.

Itu sebagai inovasi mengagumkan dalam waktu 20 tahun saat sebelum zaman internet. Sekarang tak perlu repot untuk ke perpustakaan, beberapa buku dapat dijangkau lewat perpustakaan online atau membaca rangkuman di salah satunya media online.

Mesin Pencari Yang Populer Selain Google

Tetapi tahukah Anda, jika sebetulnya di bumi ini bukan hanya google yang dipakai sebagai mesin pencari? Ada banyak yang lain seperti bing atau yahoo, serta di sejumlah negara, google bukan mesin pencari fokus yang kerap dipakai.

Tak perlu perjumpaan selanjutnya. Raksasa mesin pencari ini menggenggam tempat pertama kali dalam penelusuran dengan ketidaksamaan mengagumkan 89,43% dari tempat ke-2 pada tempat Bing.

Menurut statistik dari netmarketshare, statista dan statcounter, Google memimpin pasar di semua negara pada piranti apa saja (desktop, mobile, dan tablet).

Apa yang jadikan Google mesin pencari paling populer dan paling dipercaya ialah hasil kualitas penelusurannya. Google memakai algoritma hebat untuk menyuguhkan hasil paling tepat ke pemakai. Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, mempunyai ide jika website yang ditunjuk oleh website lain lebih bernilai dibanding lainnya dan dengan begitu memiliki hak memperoleh rangking yang semakin tinggi dalam hasil penelusuran.

Sepanjang tahun, algoritme rangking Google sudah diperkaya dengan beberapa ratus factor yang lain (terhitung kontribusi evaluasi mesin) dan tetap jadi langkah paling handal untuk mendapati apa yang Anda mencari di Internet.

Berikut daftar mesin pencari paling populer di dunia yang menjadi pilihan selain google dikutip dari mpotimes:

Mesin Pencari Yang Populer Selain Google

Microsoft Bing

Bing diganti namanya jadi Microsoft Bing pada Oktober 2020.

Mesin perayap alternative terbaik untuk Google ialah Microsoft Bing. Pangsa mesin pencari Bing ada di 2,83% dan 12,31%.

Bing ialah usaha Microsoft untuk melawan Google dalam penelusuran, tapi lepas dari usaha mereka, mereka tidak sukses memberikan keyakinan pemakai jika mesin pencari mereka bisa dihandalkan seperti Google.

Market share mesin perayap mereka selalu rendah walau Bing ialah mesin pencari standar di PC Windows.

Bing datang dari mesin pencari Microsoft awalnya (MSN Search, Windows Live Search, Live Search), dan menurut Alexa rank ialah website yang terbanyak didatangi di Internet.

Yahoo

Yahoo adalah penyuplai e-mail terpopuler dan mesin pencari websitenya tempati urutan ke-3 dalam penelusuran dengan rerata market share 1%.

Dari Oktober 2011 sampai Oktober 2015, penelusuran Yahoo disokong secara terbatas oleh Bing. Pada Oktober 2015 Yahoo sepakat dengan Google untuk menyiapkan service berkaitan penelusuran dan sampai Oktober 2018, hasil Yahoo disokong oleh Google dan Bing.

Mulai Oktober 2019, Yahoo! Penelusuran satu kali lagi disiapkan secara terbatas oleh Bing.

Yahoo sebagai mesin pencari standar untuk browser Firefox di Amerika Serikat (semenjak 2014).

Portal situs Yahoo benar-benar terkenal dan tempati rangking kesebelas website yang terbanyak didatangi di Internet (Menurut Alexa).

Baidu

Baidu mempunyai market share global di antara 0,68% dan 11,26%.

Baidu dibangun di tahun 2000 dan sebagai mesin perayap terpopuler di China. Pangsa pasarnya semakin meningkat dan menurut Wikipedia, Baidu layani miliaran keinginan penelusuran /bulan. Sekarang ini rangking di status 4, di Alexa Rangkings.

Walau Baidu bisa dijangkau di penjuru dunia, itu cuman ada dengan bahasa Cina.

Yandex.ru
Yandex, mesin perayap paling populer Rusia, mempunyai market share global di antara 0,5% dan 1,16%.

Menurut Alexa, Yandex.ru terhitung antara 30 website terpopuler di Internet dengan status rangking 4 dengan bahasa Rusia.

Yandex tampilkan dianya sebagai perusahaan tehnologi yang membuat produk dan service pintar yang disokong oleh evaluasi mesin.

Menurut Wikipedia, Yandex menjalankan mesin perayap paling besar di Rusia dengan sekitaran 65% market share di negara itu.

DuckDuckGo

Market share mesin perayap DuckDuckGo ialah sekitaran 0,45%.

Menurut statistik jalan raya DuckDuckGo, mereka layani rerata 47 juta penelusuran setiap hari tapi market share mereka keseluruhannya masih tetap di bawah 0,5%.

Tidak sama seperti yang dipercaya banyak orang, DuckDuckGo tidak mempunyai index penelusuran mereka sendiri (seperti Google dan Bing) tapi mereka hasilkan hasil penelusuran mereka memakai beragam sumber.

Dalam kata lain, mereka tidak mempunyai datanya sendiri tapi mereka tergantung pada sumber lain (seperti Yelp, Bing, Yahoo, StackOverflow) untuk memberinya jawaban atas pertanyaan pemakai.

Ini ialah batas besar dibanding dengan Google yang mempunyai beberapa kumpulan algoritme untuk tentukan hasil terbaik dari semua website yang ada di Internet.

Segi positifnya, DuckDuck Go mempunyai antar-muka yang bersih, tidak mencari pemakai dan tidak seutuhnya berisi iklan.

Ask.com

Awalnya dikenali sebagai Ask Jeeves, Ask.com terima sekitaran 0,42% dari pangsa penelusuran. ASK didasari pada pola pertanyaan / jawaban di mana mayoritas pertanyaan dijawab oleh pemakai lain atau berbentuk jajak opini.

Dia mempunyai peranan penelusuran umum tapi hasilnya kurang berkualitas dibanding dengan Google atau bahkan juga Bing dan Yahoo.

Ecosia
Ecosia ialah usaha sosial berbasiskan di Berlin yang dibangun oleh Christian Kroll di tahun 2009. Argumen khusus ecosia dibangun untuk menolong memodali penanaman pohon dan project restorasi. Ini dikenali sebagai “mesin perayap penanaman pohon”.

Bagaimanakah cara kerja ecosia? Ecosia ialah partner Bing, maknanya hasil penelusurannya disokong oleh Bing. Ecosia mendapatkan uang untuk memberikan dukungan rencana pohon dengan tampilkan iklan pada hasil penelusuran mereka. Setiap iklan di-click, ecosia mendapatkan sisi kecil. Diprediksi diperlukan sekitaran 45 penelusuran untuk mengongkosi penanaman satu pohon.

Dari segi market share mesin pencari, pangsa Ecosia sekitar 0,10%.