Menelisik Makna ‘Pulang’ Soundtrack Film Losmen Bu Broto

Jakarta – Film Losmen Bu Broto telah tayang dan bisa ditonton di bioskop sejak Kamis (18/11/2021) kemarin. Seperti diketahui, Losmen Bu Broto ini merupakan film yang diadaptasi dari serial Losmen yang tayang pada tahun 80-an di TVRI.

 

Film ini menceritakan kehangatan keluarga Bu Broto yang tinggal dalam sebuah losmen. Dalam trailer yang dibagikan oleh Fourcolours, terlihat kehangatan keluarga tersebut juga diimbangi dengan sejumlah percekcokan khas keluarga antara Bu Broto dengan anak-anaknya.

 

Adapun sejumlah aktor dan aktris yang berperan dalam film Losmen Bu Broto ini antara lain, Maudy Ayunda, Maudy Koesnaedi yang memerankan sosok Bu Broto, Putri Marino, Baskara Mahendra, Mathias Muchus (memerankan sosok Pak Broto), Danilla Riyadi, hingga Marthino Lio.

 

“Kamu tidak capek hidup dengan dua kepribadian seperti ini. Imej kamu ini beda dengan…,” kata Maudy Koesnaedi yang memerankan sosok Bu Broto dalam trailer film ‘Losmen Bu Broto’.

 

“Imej ibu,” kata sosok Sri yang diperankan Maudy Ayunda.

 

“Bukan, dengan Losmen ini,” tegas Maudy Koesnaedi.

 

Selain berdebat dengan sang ibu, Maudy Ayunda juga terlihat cekcok dengan Putri Marino dalam trailer tersebut. Keduanya memperdebatkan sosok pria yang pantas untuk masuk dan diterima menjadi anggota keluarga mereka.

 

Meski banyak perdebatan antara keluarga, di film ini para penonton juga akan dimanjakan dengan kemesraan antara Putri Marino dengan Darius Sinathrya serta Maudy Ayunda dan Marthino Lio.

 

Tak cukup sampai disitu, rupanya tim produksi juga akan memanjakan telinga para penonton film ini dengan sebuah soundtrack lagu berjudul ‘Pulang’ yang dinyanyikan oleh Maudy Ayunda.

 

Dalam sebuah kesempatan, pemilik nama asli Ayunda Faza Maudya tersebut menjelaskan bahwa lagu ‘Pulang’ memiliki sejumlah makna yang dalam, salah satunya terkait penemuan jati diri.

 

“Dengan mendekati diri kita yang autentik, sebagai cara untuk lebih mengenal diri sendiri. Seperti perjalanan hidup Sri (sosok yang diperankan Maudy Ayunda) di Losmen Bu Broto itu naik dan turun, konflik dengan orang tua serta hal-hal lain terjadi dengannya,” jelas Maudy.

 

Lebih lanjut, ‘Pulang’ juga memiliki makna berada di pelukan orang yang memberikan kenyamanan, yang merujuk terhadap seseorang. Bukan terhadap rumah yang selama identik dengan kata pulang.

 

“Faktanya, kalau kita nyaman dan cinta dengan seseorang, biasanya rumah kita ada di orang tersebut, di mana pun sebenarnya dia berada. Itulah yang menggambarkan arti cinta dalam keluarga yang sesungguhnya,” lanjutnya.

 

Perempuan kelahiran tahun 1994 tersebut juga menyampaikan bahwa dirinya bekerjasama dengan Mikha Angelo dalam proses produksi lagu ‘Pulang’ ini. Mikha bahkan membaca skenario film untuk bisa menyatu dan meresapi cerita dibalik lagu tersebut.

 

“Untuk bisa terhubung dengan cerita Losmen Bu Broto ini, Mikha sampai membedah skenario filmnya. Hal ini juga yang menjadikan aku sebagai penyanyi lebih meresapi ceritanya,” terang Maudy.

 

Di sisi lain, Produser Andi Boediman menyampaikan pendapatnya terkait lagu ‘Pulang’ yang menjadi salah satu soundtrack film Losmen Bu Broto. ‘Pulang’ menurut Andi sangat merefleksikan diri seseorang yang rindu untuk kembali dengan utuh bersama keluarga.

 

Nah selain, diisi oleh lagu ‘Pulang’, film ini juga memiliki tiga lagu tema lain yang masing-masing berjudul ‘Semakin Jauh’, ‘Sayangnya’ serta lagu ‘Pulang’ (Stripped Version). Lagu ‘Sayangnya’ ditulis oleh Danilla Riyadi sementara ‘Semakin Jauh’ ditulis Maudy Ayunda. Kedua lagu tersebut dinyanyikan secara duet oleh Maudy dan Danilla.