Memperhatikan Tanah Dan Pupuk Yang Sesuai Untuk Bunga Yang Anda Tanam

Campuran tanah dan pupuk merupakan hal dasar yang perlu anda pahami sebelum membuka toko bunga jakarta selatan, tanah merupakan tempat dimana akar dari tanaman bunga tumbuh dan berkembang. Pada tanah inilah akar akan mendapat berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Maka dari itu pemilihan tanah sangatlah penting untuk menanam tanaman bunga.Tanah yang bagus untuk tanaman bunga ialah tanah yang gembur, mudah meresap air dan mengandung cukup unsur hara. Tanah seperti itu tentu dapat dengan mudah anda beli di toko tanaman hias. Namun bagi anda yang ingin membuat sendiri tanah humus yang gembur, berikut adalah cara-caranya :

  • Bahan:

-Tanah utama yang bertekstur gembur (bukan tanah liat).

-Tanah pasir (1/10 bagian dari tanah utama)

-Akar kering dan ranting kecil tanaman lalu dicacah halus

-Sekam dan serbuk gergaji kayu secukupnya

-Pupuk kompos atau butiran organik secukupnya

-Larutan EM4 dan gula

  • Langkah Pembuatan :
  1. Campur semua bahan diatas hingga rata (kecuali Larutan EM4 dan gula)
  2. Buat larutan EM4 bersama gula lalu diamkan minimal 24 jam
  3. Siramkan larutan EM4 tersebut pada campuran tanah dan berbagai bahan organik tadi
  4. Tutup dan biarkan hingga minimal 2 minggu
  5. Tanah humus gembur siap digunakan untuk menanam bunga.
  6. Adonan tanah humus tersebut lalu dimasukkan kedalam pot untuk kemudian ditanami bibit bunga.

Pupuk juga merupakan bahan dasar yang sangatlah penting bagi tanaman terutama tanaman yang ditanam dalam pot. Hal ini karen pupuk akan mampu menjaga kadar nutrisi dalam tanah yang mana lama-kelamaan akan habis diserap tanaman.

Pemilihan pupuk yang baik untuk tanaman hias atau bunga adalah pupuk yang sudah terurai sempurna oleh bakteri pengurai, terutama untuk pupuk kandang. Hindari memberikan pupuk kandang yang belum dijadikan bokashi karena proses penguraian pupuk kandang ini akan menaikkan suhu dalam tanah sehingga akar tanamanĀ  bunga malah justru akan mati jika diberi pupuk kandang (kotoran hewan) yang masih baru.

Cara membuat pupuk bokashi adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan pupuk kandang / komposnya
  2. Buat larutan EM4 + Gula
  3. Diamkan larutan tersebut minimal 24 jam
  4. Siramkan pada pupuk kandang / kompos tadi dan tutup.
  5. Diamkan selama minimal 2 minggu
  6. Setelah 2 minggu maka pupuk sudah siap dipakai.

Jika anda tak ingin susah payah menyiapkan pupuk bokashi, maka anda bisa menggunakan butiran organik yang banyak dijual di toko pertanian.

Hanya saja kandungan nutrisi dari butiran organik tentu tidak sebagus pupuk kandang dan pupuk kompos. Pemberian pupuk dilakukan diawal pengisian tanah dalam pot lalu bisa diulang dengan interval tertentu tergantung jenis dan ukuran tanaman bunganya. Takaran pupuk yang diberikan disesuaikan dengan usia dan ukuran tanaman bunga.