Memilih Generator Siaga atau Portabel untuk Penggunaan Rumah Tangga

Listrik mungkin bukan menjadi kebutuhan primer bagi keberadaan manusia, tetapi diperlukan untuk kenyamanan manusia. Memiliki generator hunian sangat penting jika Anda ingin mengamankan rumah dari kekurangan listrik. Kehilangan daya dalam waktu lama sangat merepotkan dan mungkin tidak aman, terutama selama bulan-bulan musim dingin. Selama pemadaman listrik, generator perumahan membuat peralatan listrik penting di rumah Anda tetap beroperasi meskipun listrik mati. Yang terpenting, orang-orang yang mengandalkan peralatan medis. Ia bekerja dengan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Sewa Genset Pekanbaru – Ada dua jenis utama generator residensial: generator siaga permanen dan generator portabel. Generator portabel yang dijalankan dengan bensin adalah yang termurah. Tetapi mereka memiliki waktu pengoperasian yang lebih singkat dan Anda perlu mengisi ulang tangki bensin mereka sesekali. Ini tidak dapat diandalkan karena cadangan daya jangka panjang karena pompa bensin mungkin tidak berfungsi selama pemadaman listrik. Siaga permanen, di sisi lain, dapat memberikan daya terus menerus karena langsung dipasang atau dihubungkan ke sumber bahan bakar eksternal, seperti saluran gas eksternal. Generator portabel juga dapat dipasang ke sumber eksternal sehingga memperpanjang jam kerja. Namun, sebelum Anda memilih opsi terbaik, Anda perlu mengevaluasi penggunaan listrik dan kebutuhan generator.

1. Ketahui anggaran Anda untuk menentukan berapa banyak uang yang dapat Anda keluarkan untuk generator.

2. Menilai kehilangan daya yang terjadi di wilayah Anda. Berapa kali dalam satu hari kota Anda biasanya kehilangan daya? Generator yang lebih kecil cocok jika Anda tidak sering mengalami kekurangan daya. Jika Anda sering kehilangan daya dan dalam waktu yang lama, generator siaga permanen adalah cadangan yang andal.

3. Ketahui barang-barang listrik di dalam rumah Anda yang perlu “dihidupkan” setiap saat. Ini kemungkinan besar akan mencakup peralatan medis, peralatan utama dan lampu.

4. Membebani generator secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada generator atau motor peralatan yang Anda gunakan. Jadi sebelum Anda membeli satu, Anda perlu menambahkan watt yang dibutuhkan untuk menjalankan setiap peralatan yang Anda daftarkan dan gandakan jumlahnya untuk memastikan.

5. Pilih antara generator siaga portabel atau permanen yang lebih cocok di daerah Anda. Siaga permanen lebih mahal tetapi terhubung langsung ke sistem kelistrikan rumah Anda sehingga lebih ramah pengguna. Di sisi lain, generator portabel lebih murah dan Anda dapat memindahkannya ke mana pun Anda suka.

6. Tentukan bahan bakar yang Anda sukai atau yang tersedia di daerah Anda. Pilihannya termasuk diesel, gas alam, bensin, dan propana.

7. Perhatikan fitur ekstra yang Anda inginkan, termasuk garansi. Fitur mungkin termasuk start listrik, shutdown saat oli rendah dan shutdown saat generator terlalu panas. Terakhir, putuskan apakah Anda ingin membeli perpanjangan garansi untuk generator Anda.

Jangan lupa bahwa membeli generator perumahan lebih banyak daripada biayanya. Anggap saja sebagai investasi penting yang harus Anda lakukan. Jadi, pilihlah dengan bijak sebelum Anda mempertimbangkan untuk membeli generator Anda sendiri.