Manfaat Kunyit yang Terbukti Sebagai Penangkal Kanker

Benarkah kunyit mampu menangkal kanker? Berdasarkan bukti ilmiahnya, tanaman satu ini memang bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker terutama kunyit putih.

Dalam uraian deherba.com memyebutkan bahwa terdapat bukti ilmian yang menunjukan kunyit putih mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Dipercaya terdapat zat yang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker sesuai jenisnya.

Bukti Ilmiah Manfaat Kunyit Putih

Kunyit putih memiliki polisakaroda yang berikatan dengan protein, dimana dapat menghambat pertumbuhan kanker sarkoma. Kemudian, dijelaskan bahwa kandungan kunyit putih dapat merangsang apoptosis.

Apoptosis inilah yang mampu menghilangkan sel-sel kanker tanpa merusak sel atua jaringan normal lainnya. Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam kunyit putih memiliki efek anti-proliferatif pada sel kanker payudara, sel kanker leukemia, dan sel karsinoma oblvarium.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker Payudara

Dalam penelitian yang berjudul “Extracts from Curcuma Zedoaria Inhibit Proliferation of Human Breast Cancer Cell MDA-MB-231 in Vitro” bahwa efek eter petroleum kunyit putih dapa menghambat viabilitas sel kanker payudara.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker Ovarium

Kandungan a-curcumene dalam kunyit putih dapat menginduksi apoptosis pada sel kanker ovarium. Apoptosis merupakan proses yang diatur secara sistematis melibatkam ekspresi produk gen, dapat mencatat kerusakan kompartemen dan perilakunya.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker Paru-Paru

Kunyit putih memiliki efek sitotoksik yang efisien dalam sel-sel karsinoma paru-paru. Kandungan minyak atsiri dapat menghambat peningkatan sel kanker, menyebabkan pelepasan AIF, endonuklease G dan sitokrom C ke dalam sitosol dan peningkatan kafar p53.

Itulah manfaat kunyit putih untuk mencegah kanker seperti dijelaskan dalam laman deherba.com, dimana kandungan di dalamnha mampu menghambat viabilitas, dan menginduksi apoptisis pada sel kanker.

Cara Masukan Manfaat Kunyit Dalam Makanan

Setelah mengetahui manfaat kandungan kunyit, anda bisa memasukan bahan ini ke dalam makanan sebagai bentuk untuk menangkal radikal bebas atau pertumbuhan sel kanker.

Contohnya, akar kunyit yang punya cita rasa ringan dan dapat dihaluskan menjadi bumbu makanan tambahan seperti dilumuri pada sayuran atau daging ayam, bisa ditambahkan ke sup dan telur sebagai penyedap rasa.

Untuk mencegah kanker, maka tidak ada salahnya gunakan kunyit setiap hari sebagai bumbu tambahan pada makanan. Selain itu, bisa juga sebagai campuran teh, bisa ditambahkan parutan atau irisan jahe yang punya khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh.

Kunyit termasuk dalam tanamn herbal, tentunya memiliki banyak khasiat, terutama untuk menangkal kanker. Seperti produk herbal yang di produksi oleh deherba.com yang sudah terpercaya dan punya izin edar dari BPOM.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan gaya hidup sehat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka jaga kesehatan anda, selalu konsumsi makanan yang bergizi serta rutin berolahraga agar terhindar dari berbagai penyakit.