7 Makanan Khas Filipina yang Menggugah Selera

Siapa, sih, yang tidak suka berwisata kuliner? Menikmati aneka sajian lezat yang menggugah selera tentunya adalah kesenangan tersendiri bagi banyak orang. Nah, di artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kuliner.

Jika Anda ingin mencoba sensasi cita rasa dari negara lain namun masih cukup familiar dengan Indonesia, maka tidak ada salahnya mencicipi kuliner dari Filipina. Penasaran apa saja sajian lezat tersebut?

Daftar Kuliner Khas Filipina Terenak

Filipina merupakan bagian dari Asia Tenggara yang jaraknya cukup berdekatan dengan Indonesia. Kondisi geografis yang tidak jauh berbeda memungkinkan ada beragam persamaan dalam segi makanan.

Meski begitu, perbedaan kultur atau kebudayaan di negeri tersebut tentunya menawarkan kenikmatan tersendiri dan berlainan dari cita rasa Nusantara. Nah, berikut ini beberapa daftar makanan khas Filipina untuk Anda coba.

1. Kare Kare

Kalau Anda menyukai hidangan berkuah, maka kare kare wajib ada di daftar wajib. Kare kare merupakan sajian tradisional Filipina yang berisi buntut serta babat sapi. Uniknya, kuah kare kare terbuat dari bahan istimewa.

Yaitu kacang goreng tumbuk dan bumbu tradisional khas bernama bagoong juga bumbu pelengkap lainnya. Bagoong adalah bumbu dari fermentasi udang serta jeruk kalamansi peras. Bahan-bahan tersebut menciptakan cita rasa creamy sekaligus menyegarkan.

2. Chicken Adobo

Sesuai dengan namanya, bahan utama makanan ini adalah ayam sehingga cocok sekali bagi Anda yang menyukai ayam. Jika dilihat dari presentasinya, chicken adobo sekilas tampak mirip semur ayam.

Ini karena chicken adobo dibuat menggunakan bumbu khusus dan kecap manis kemudian dimarinasi. Proses marinasi tersebut menghasilkan cita rasa tradisional serta cukup kuat. Hidangan ayam ini sangat enak dan mengenyangkan.

3. Beef Calderata

Beef calderata adalah hidangan yang bahan utamanya daging sapi. Diolah bersama tomat, merica, dan cuka pasta menjadikan cita rasanya begitu menggoda. Sebagai komplemennya, terdapat potongan sayuran seperti wortel hingga kentang.

Potongan daging di hidangan ini dibuat berukuran agak besar sehingga sangat memuaskan. Hidangan ini sangat pas disajikan saat momen berkumpul bersama keluarga besar. Dalam beberapa kesempatan, terkadang ada yang menggunakan daging babi untuk membuatnya.

4. Kwek Kwek

Namanya begitu unik dan mungkin mengingatkan Anda pada suara bebek. Ya, itu merupakan clue kecil mengenai kwek kwek. Namun bukan daging bebek yang diambil, melainkan telurnya. Telur bebek direbus sampai matang lalu dibalut adonan berbumbu khusus. Lalu telur berbalut adonan tersebut digoreng sampai garing. Agar menambah cita rasanya, biasanya kwek kwek dinikmati bersama saus.

Makanan renyah ini tergolong street food yang mudah Anda temukan saat menyusuri jalanan di Filipina. Jadi, kalau sedang plesir di negeri ini, jangan sampai melewatkan mencicipi jajanan terjangkau itu, ya.

5. Bulalo

Bulalo merupakan hidangan berkuah berupa sup dengan kuah bening nan segar. Bahan utama bulalo sendiri adalah potongan sapi yang direbus bersama berbagai bumbu misalnya bawang bombay, bawang putih, dan lainnya.

Agar kelezatanna semakin nendang, yang digunakan dalam bulalo bukan hanya potongan daging sapi tetapi juga tulang sumsumnya. Sebagai pelengkap, terdapat berbagai sayuran seperti pakcoy dan jagung manis.

Yang menjadikan bulalo begitu unik dan istimewa adalah terdapat potongan buah pisang di dalamnya. Ini tentunya menjadi pengalaman baru, mencicipi makanan berkuah rasa gurih dengan buah pisang. Menarik sekali, bukan?

6. Halo Halo

Setelah kenyang menyantap berbagai kuliner lezat, tidak lengkap rasanya jika Anda belum mencoba minuman khas asal Filipina. Nama minuman tersebut yaitu halo halo. Halo halo berisi banyak campuran bahan.

Seperti jagung manis, ubi manis, nangka, kelapa, nata de coco, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut disajikan bersama susu dan es krim sebagai toppingnya. Kesegaran minuman dingin ini sangat cocok dinikmati di tengah tropisnya Filipina.

7. Buko Pie

Dari namanya saja Anda sudah bisa menebak jenis makanan seperti apa ini, bukan? Buko pie adalah pie kelapa bercita rasa manis dengan tekstur isian lembut. Sementara bagian luarnya berupa kulit pie bertekstur renyah dan garing.

Buko pie sangat cocok dijadikan cemilan saat berkumpul dengan teman-teman. Pie nikmat ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga sebelum meninggalkan Filipina. Hidangan tradisional merupakan daya tarik tersendiri saat berlibur ke negeri orang. Ketika plesir ke Filipina, jangan lupa mencicipi hidangan lezat di atas, ya.