Layanan Terkelola – Saus Rahasia Untuk Bisnis Layanan Terkelola yang Berhasil

 

Untuk saat ini, anggaplah diri Anda sebagai penyedia layanan TI yang cukup sukses yang melihat peluang yang berkembang dalam layanan terkelola, dengan cepat mengembangkan teknologi untuk mendukung pasar yang sedang berkembang ini dan mengetahui rahasianya – sebenarnya memiliki “saus” rahasia – untuk mengelola yang sukses bisnis layanan terkelola.

service ac pekanbaru – Sekarang ibaratkan diri Anda dan bisnis TI Anda dengan pemilik sebuah tempat makan mewah. Pemilik restoran tahu bahwa mata pencaharian profesionalnya dibangun di atas “daging dan kentang” dari operasinya, yaitu pemilihan daging berkualitas tinggi yang dimasak dengan sempurna. Dan dia yakin bahwa kulinernya sukses karena “saus” rahasia yang dia ciptakan untuk menghiasi setiap hidangan. Dia bahkan memiliki hiasan khas yang dia tempatkan di atas setiap hidangan yang membuatnya sangat unik baginya dan unggul di atas pesaingnya.

Analogi yang sama ini berlaku untuk bisnis TI Anda. Perusahaan Anda mungkin mulai bergeser dari teknologi dan peralatan yang memberikan layanan ke kesadaran bahwa bisnis layanan terkelola adalah “daging dan kentang” yang menjadi sandaran mata pencaharian Anda di masa depan. Keberhasilan “kuliner” Anda sebagian besar akan disebabkan oleh “saus” khusus yang Anda buat untuk menghiasi setiap layanan terkelola yang Anda tawarkan. “Saus” spesial itu adalah strategi pemasaran Anda. Hiasan yang Anda tempatkan pada setiap layanan terkelola adalah satu fakta atau fitur unik tentang bisnis Anda – dan cara Anda memasarkannya – yang membedakan Anda dari pesaing.

Jadi, apa “daging dan kentang” dari bisnis Anda – layanan terkelola yang Anda rencanakan untuk ditawarkan kepada klien saat Anda beralih ke bisnis layanan terkelola yang sukses? Bagaimana Anda akan memasarkan layanan tersebut – “saus” atau “saus” apa yang akan Anda buat untuk menjualnya? “Hiasan” apa yang akan Anda taruh di atas – fakta atau fitur apa tentang bisnis Anda yang cukup unik untuk memisahkan dan membedakan Anda dari pesaing?

Pertama, mari kita bicara tentang layanan terkelola. Ini adalah “daging dan kentang” dari operasi Anda.

Untuk mengoptimalkan kinerja Anda secara keseluruhan sebagai bisnis layanan terkelola yang sukses, berikut adalah lima elemen utama bisnis yang harus dikuasai. Penguasaan “rahasia sukses” ini akan menentukan seberapa baik Anda di pasar dan secara positif memengaruhi kesuksesan dan kelangsungan hidup Anda sebagai penyedia layanan terkelola (MSP).

Teknologi Inti. Definisi layanan terkelola berkembang dari manajemen infrastruktur dan pemeliharaan jarak jauh ke penyertaan perangkat lunak sebagai layanan. Memilih teknologi yang tepat adalah salah satu bagian kunci dari strategi MSP yang efektif. MSP yang berhasil biasanya menggunakan salah satu dari dua jenis solusi perangkat lunak – Professional Services Automation Software (PSA) dan Remote Monitoring and Management Software (RMM). PSA memadukan fungsi-fungsi seperti manajemen hubungan pelanggan (CRM), otomatisasi tenaga penjualan, penagihan pelanggan, dan pemecahan masalah ke dalam satu platform komprehensif tunggal. RMM memungkinkan MSP untuk secara proaktif memelihara dan memecahkan masalah sistem dan jaringan pelanggan di luar lokasi.
Teknologi yang Muncul. Hingga saat ini, MSP mampu menguasai PC dasar dan administrasi server. MSP saat ini menghadapi tantangan baru karena lanskap layanan terkelola terus berkembang. Sekarang MSP ini harus menguasai cloud dan manajemen SaaS dan mempelajari cara memanfaatkan sistem seperti Amazon Web Services (AWS), Google Apps, Microsoft Windows Azure dan Microsoft Business Productivity Online Suite (BPOS). Sejalan dengan opsi ini membutuhkan jaringan yang konstan. MSP yang sukses menjadikan ini salah satu prioritas terbesar mereka.
Kepemimpinan Bisnis. Saat Anda beralih dari bisnis yang didorong teknologi menjadi penyedia layanan terkelola, komitmen dari CEO dan manajemen puncak sangatlah penting. Layanan terkelola akan macet atau gagal sepenuhnya tanpa komitmen ini. CEO tidak harus menguasai teknologi MSP tetapi yang perlu mereka lakukan adalah ini:
Promosikan aliran pendapatan berulang sebanyak mungkin alih-alih pekerjaan proyek perbaikan cepat.
Lacak dan tingkatkan tingkat layanan pelanggan daripada jam yang dapat ditagih.
Jadwalkan rapat yang sering dilakukan untuk memberi tahu pelanggan tentang tingkat layanan tersebut dan untuk mendiskusikan teknologi yang selanjutnya dapat meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Mempekerjakan & Memecat, Pelatihan & Kompensasi Penjualan. Juri masih belum mengetahui apakah MSP perlu memecat atau mengganti staf saat mereka mendorong ke layanan terkelola atau bekerja dengan staf yang ada untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan berulang. Kadang-kadang MSP merasa itu bekerja lebih baik jika mereka menambah staf mereka dengan bakat luar, meskipun seringkali bakat ini dapat ditemukan dalam peringkat-dan-file mereka yang ada. Di perusahaan TI yang lebih tradisional, tim penjualan umumnya dibayar komisi satu kali untuk pendapatan proyek khusus. Namun, di pasar layanan terkelola, model pendapatan berulang menciptakan peluang dan tantangan baru. Tantangan terbesar adalah menjaga staf penjualan tetap fokus pada kontrak jangka panjang dan berkelanjutan daripada pekerjaan proyek yang cepat sukses. Tanpa kompensasi yang tepat