Strategi Paling Ciamik Untuk Melakukan Sosial Media Marketing

 

Kursus SEO di Jakarta mengajarkan berbagai strategi menggunakan sosial media marketing sebagai salah satu cara untuk melejitkan bisnis. Yang dinamakan dengan strategi sosial media marketing adalah rencana dan harapan apa saja yang ingin anda capai di sosial media.

Setiap apa yang dilakukan oleh audiens mulai dari memberikan like, komentar, balasan hingga membagi konten harus memiliki tujuan tertentu. Semakin spesifik strategi yang anda lakukan, maka akan menghasilkan eksekusi yang spesifik pula. Jangan membuat strategi yang terlalu tinggi sehingga sulit melakukan pengukuran.

Berikut beberapa strategi sosial media marketing yang diajarkan oleh kursus SEO di Jakarta :

  1. Tetapkan Tujuan

Entah disadari atau tidak, salah satu kesalahan terbesar seorang pebisnis online adalah mereka hanya tahu kalau mereka harus ada di media sosial. Tapi tidak mengetahui secara persis apa yang harus mereka lakukan. Sehingga waktu mereka di media sosial habis tanpa membuat tujuan pemasaran media sosial yang spesifik dan relevan.

Untuk itu, buatlah sebuah tujuan yang jelas. Dan strategi yang anda gunakan merupakan jawaban atas tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Tujuan Mampu Mengatasi Tantangan Terbesar

Contoh saja tantanganmu di tahun 2020 kemarin adalah mendapatkan satu juta followers ternyata sulit. Cobalah mengubah strategi dengan yang lebih spesifik lagi. Misalkan membuat konten berupa video-video kreatif sesuai dengan sasaran target market anda. Video singkat tapi bisa menjawab sebuah pertanyaan lebih banyak dimintati dibanding dengan video panjang tapi minus manfaat.

  1. Ketahui Strategi yang digunakan Kompetitor

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan menurut kursus SEO di Jakarta adalah menyelidiki strategi pesaing. Apapun bisnisnya, persaingan akan selalu ada. Termasuk bisnis online.

Cobalah sesekali menyelidiki strategi sosial media marketing apa yang dilakukan oleh pesaing. Apa kelebihan dan kekurangan strategi yang mereka lakukan. Fokuslah pada kekurangan tersebut. Karena langkah anda selanjutnya adalah menutupi kekurangan pesain dengan strategi yang anda buat dan terapkan pada sosiam media bisnis anda sendiri.

Setelah mengetahui kontan apa yang anda buat, gencarkan terus postingan konten tersebut. Ambil alih followers milik pesaing. Hingga akhirnya apa yang ingin anda capai terlaksana sudah.

  1. Buat Konten yang Sesuai

Agar bisa membuat konten yang sesuai, tentu saja anda harus paham siapa target market yang akan anda bidik. Misalkan target marketnya adalah remaja rentan usia antara 11 hingga 25 tahun. Buatlah konten-konten unik, segar dengan sentuhan sedikit humoris. Karena rata-rata, usia remaja menyukai jenis-jenis konten seperti ini.

Untuk bisa menciptakan sosial media yang baik harus menggunakan strategi-strategi yang spesifik. Tidak ada salahnya anda mencoba beberapa strategi di atas agar atau target lainnya pada kursus SEO di Jakarta.