Konsep dan Contoh Tourism 4.0 yang Harus Diketahui Anak-anak Milenial

Sampai saat ini tourism 4.0 atau pariwisata 4.0 masih jadi hal yang diperbincangkan, khususnya di dunia pariwisata. Spanyol menjadi salah satu negara yang sudah memakai konsep ini dengan baik, dan memiliki daya saing pariwisata secara internasional.

Sedangkan di tingkat nasional, pemerintah Indonesia juga sudah menetapkan Indonesia masuk ke industri pariwisata 4.0 sejak tahun 2019 kemarin. Tourism yang baru dicanangkan ini merupakan pengembangan dari kepariwisataan sesuai dengan kecanggihan zaman.

Mengenal dengan Baik Pariwisata 4.0

Mungkin masih banyak anak-anak milenial masa kini yang belum tahu, apa itu tourism 4.0? Istilah awalnya diawali dari adanya adaptasi industri pariwisata yang sudah mencapai revolusi ke 4 di industri 4.0 itu sendiri. Awalnya, industri 4.0 ini dibuat oleh Jerman di tahun 2011 dengan hight tech strategy.

Industri 4.0 juga menjadi sebuah paradigma baru yang meliputi sejumlah perkembangan di dunia industri di masa depan. Pemakaian unsur teknologi terbaru seperti misalnya Big Data, Internet of Things (IoT), Cyber Physical System dan sebagainya berpotensi untuk membuat lingkungan industri semakin cerdas.

Pemakaian teknologi canggih pada industri 4.0 tersebut juga menimbulkan efek gangguan di beberapa sektor yang ada, salah satunya yaitu sektor pariwisata. Maka revolusi industri 4.0 juga membiarkan efek yang sama pada sektor pariwisata, dan munculah istilah pariwisata 4.0.

Maka, definisi tourism 4.0 adalah pengembangan yang dilakukan di dalam industri pariwisata yang memakai teknologi yang digunakan di dalam industri 4.0. Hal itu memberi potensi bagi industri pariwisata untuk menjadi lebih cerdas lagi.

Menteri Pariwisata periode 2014-2019 juga pernah mengungkapkan pahwa pariwisata 4.0 ini merupakan lahirnya Milenial Tourism seiring dengan pemakaian teknologi big data.

Unsur-unsur Teknologi yang Ada di dalam Tourism 4.0

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bahwa digital tourism 4.0 adalah perkembangan di bidang pariwisata yang dimanfaatkan, dengan perkembangan teknologi dalam industri 4.0. Ada beberapa teknologi yang juga sering dipakai di dalam pariwisata 4.0 ini dan bahkan menjadi tulang punggung.

Konsep tentang ekosistem teknologi di perkembangan pariwisata 4.0 ini dibagi menjadi beberapa unsur atau contoh, yaitu sebagai berikut:

1. IoT (Internet of Things)

Merupakan sebuah teknologi yang terhubung dengan internet dan biasanya meliputi beberapa hal seperti application (DNA), device, dan juga network. Adanya teknologi tersebut menimbulkan beberapa wisatawan yang melakukan perjalanan wisata secara mandiri.

Perjalanan wisata itupun akan mengarah ke individual dan sifatnya juga lebih personal. Teknologi ini bahkan bisa menyumbang penghematan dalam hal pengeluaran bisnis.

Misalnya penyedia jasa pariwisata yang bisa masuk dengan mudah ke pasar luar negeri dan memperoleh lebih banyak pelanggan. Pelanggan juga bisa mudah menjangkau penyedia jasa pariwsata itu sendiri.

2. Big Data

Merupakan sebuah data yang didapatkan dari beberapa jejak digital wisatawan dari segala jenis sumber yang ada. Misalnya dari aplikasi bisnis, media sosial, chat bost, tourist portal dan sebagainya.

Data ini juga didapatkan dengan cara real time, sehingga sangat berguna dalam hal pengambilan keputusan secara cepat. Para pelaku di industri pariwisata seperti penyedia jasa pariwisata juga akan mendapat data dengan mudah, tentang perilaku para wisatawannya.

Hal itu berasal dari pemakaian big data yang membuat segala jenis pekerjaan menjadi semakin mudah.

3. Augmented Reality (AR)

Sebuah aplikasi yang dimana penggunaannya bergantung pada perangkat keras tambahan seperti misalnya kamera inbuilt dari perangkat mobile, disebut dengan Augmented Reality (AR). AR juga menjadi teknologi yang menggabungkan benda 2-3 dimensi di lingkungan nyata.

Kemudian memproyeksikannya dalam waktu yang juga nyata. Tak seperti realitas maya yang menggantikan kenyataan, tetapi AR ini hanya menambah/melengkapi kenyataannya saja.

Dalam bidang pariwisata, AR bisa memungkinkan para wisatawan untuk melakukan aktivitas seperti pemesanan hotel, mengakses informasi di tempat tujuan, menemukan pilihan tempat makan dan hiburan, hanya melalui aplikasi.

Kecanggihan teknologi saat ini emang benar-benar nyata, terbukti dari adanya tourism 4.0 yang terus berkembang pesat di Indonesia. Sebagai anak milenial masa kini, Kamu juga harus tahu dan paham bagaimana cara menggunakan teknologi terbaru di bidang pariwisata tersebut.