Jenis Panel Surya Berkualitas yang Bisa Dipilih Saat Ingin Memasang Panel Surya

Panel tenaga Surya atau sumber listrik panas matahari saat ini sudah mulai banyak digunakan di Indonesia karena memberi manfaat hemat dalam pemakaian listrik. Sumber listrik alternatif ini memang terbukti efisien dalam memproduksi listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik.Yuk kenali apa itu solar panel dan kenali apa saja jenis panel yang digunakan berikut ini.

3 Jenis Panel Berkualitas dan Perbedaannya

1. Thin Film Solar Cell

Jenis panel lainnya yang digunakan untuk membentuk solar panel adalah Thin Film Solar Cell. Jenis panel ini juga seringkali disebut dengan thin film. Hal ini karena panel ini mempunyai ukuran ketebalan yang cukup tipis, yaitu sekitar 10 nm. Jenis panel ini akan lebih tipis dibandingkan jenis panel lainnya yang rata rata berukuran 200 hingga 300 nm.

Cara penggunaannya adalah dengan cara menambahkan panel surya ini kedalam permukaan lainnya seperti plastik, metal atau bahan kaca. Dengan ukuran ketebalan yang sangat tipis ini, akan membuat panel ini mudah untuk dirangkai karena lebih ringan dan lebih fleksibel. Dengan nilai konversi 10 persen, akan membuat pemakaian panel ini cukup efisien.

2. Polycrystalline Silicon

Jenis panel berikutnya yang banyak digunakan untuk solar panel adalah Polycrystalline Silicon. Kelebihan penggunaan panel ini dibandingkan panel lainnya adalah karena kerapatannya. Sehingga bila menggunakan panel ini maka akan cenderung lebih rapi dan mudah ditata. Ciri khas panel ini adalah mempunyai fragmen seperti ada retakan di dalamnya.

Tingkat efisiensi panel surya ini mencapai 17 persen sehingga penggunaannya akan efektif untuk berbagai macam bangunan. Dengan tingkat efisiensi ini, jenis solar panel ini banyak dipilih karena mempunyai harga yang relatif terjangkau. Tidak hanya untuk perumahan, namun juga untuk berbagai macam bangunan lainnya yang lebih besar.

3. Monocrystalline Silicon

Solar panel adalah sumber listrik yang menggunakan tenaga surya. Pada proses konversi energi yang akan dilakukan, maka akan membutuhkan panel untuk membantunya. Banyak jenis panel yang bisa dipilih sesuai dengan kualitas bahan dan penggunaannya masing masing. Salah satu jenis panel yang bisa digunakan adalah Monocrystalline Silicon.

Jenis panel ini adalah yang paling banyak digunakan karena mempunyai efisiensi penggunaannya hingga lebih dari 20 persen. Dengan tingkat efisiensi yang tinggi, maka penggunaan panel jenis ini tidak akan membutuhkan luas penampang yang besar. Sehingga dengan luas Panel Surya yang kecil saja akan menghasilkan energi yang cukup besar.

SUN Energy adalah perusahaan produsen solar panel yang sudah terpercaya dengan pilihan penggunaan bahan berkualitasnya. Produk solar panel ini mempunyai banyak manfaat tak hanya untuk memasok listrik namun juga untuk menjaga lingkungan. Ingin memasang solar panel berkualitas? Segera kunjungi website resmi SUN Energy dan dapatkan manfaatnya.