Contoh Dari E-Payment

Sudah mulai memahami sistem pembayaran electronic payment? Agar semakin jelas, mari kita cek beberapa contoh e-payment yang lumrah dimanfaatkan oleh masyarakat milenial.

 

E-Check

Selanjutnya, ada e-check sebagai sistem pembayaran e-payment yang inovatif. Sesuai namanya, e-check berupa cek berbentuk digital atau cek elektronik.

Dengan electronic check ini, pengguna bisa melakukan electronic payment untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, bisa juga untuk pencairan tarik dana tunai dari bank-bank tertentu sesuai angka yang tercantum pada rincian e-check tadi.

Fasilitas electronic payment yang satu ini menghadirkan keunggulan paperless atau mengurangi pemakaian kertas. Jika dulu, cek masih berupa lembaran kertas yang mudah sobek atau tercecer, kini dengan e-check menjadi lebih praktis dan aman. Sebab, penggunaan electronic payment ini telah diatur dan dilindungi lembaga keuangan tak ubahnya seperti kertas cek fisik pada umumnya.

 

E-Wallet

E-wallet adalah dompet digital yang bisa dijadikan contoh e-payment. Kenapa? Sebab, dengan e-wallet Anda bisa melakukan sistem pembayaran sama seperti saat mengantongi uang tunai di dalam dompet.

Pengguna cukup mengisi saldo e-wallet atau top up isi saldo e-wallet dari bank secara online. Kemudian, jika ingin berbelanja, cukup melakukan transaksi e-payment atau sistem pembayaran non tunai.

Tidak perlu repot membawa dompet tebal yang berisiko dijambret atau mengundang kriminalitas. Dengan e-wallet, Anda bebas melenggang santai meskipun tanpa membawa dompet. Cukup bawa smartphone nanti untuk membayar.

 

Payment Card

Contoh e-payment berikutnya adalah payment card. Payment card ini adalah sistem pembayaran berbasis kartu elektronik. Pasti Anda tahu tentang kartu kredit atau kartu debit (kartu ATM), bukan? Nah, itulah contoh e-payment memakai metode payment card.

Keunggulan metode payment card adalah praktis dan aman. Meskipun, Anda memiliki uang jutaan, tidak perlu khawatir atau repot saat membawanya. Karena, Anda cukup membawa satu kartu elektronik yang berisi saldo jutaan kemana-mana.

Jika payment card hilang, Anda bisa dengan mudah menelepon bank penerbit dan meminta pemblokiran sementara, untuk mengurus penggantian payment card yang baru. Aman dan praktis, kan?

 

Smart Card

Contoh e-payment yang pertama adalah smart card atau kartu pintar. Sistem pembayaran menggunakan smart card sejenis dengan kartu debit atau kartu ATM.

Jadi, saat pengguna smart card sedang berbelanja atau bertransaksi, nantinya jumlah saldo uang di dalam smart card akan berkurang sesuai nominal harga barang.

Sistem pembayaran electronic payment ini membutuhkan mesin debit yang dirancang khusus smart card.

Hebatnya, dengan smart card akan lebih mudah melacak transaksi keuangan yang pernah dilakukan. Termasuk informasi pengguna dan detail rincian belanja yang terjadi.

 

E-Cash

Terakhir, contoh e-payment yang perlu diketahui adalah e-cash. Apa itu e-cash? Yaitu uang elektronik yang secara khusus dirancang untuk dikirim ke penerima. Jadi, dalam metode pembayaran Smart Digital Payment ini, terdapat nomor rekening berupa nomor telepon si penerima.

Bila umumnya, nomor rekening bank sangat panjang dan sulit dihafalkan, maka berbeda dengan nomor telepon. Teman atau keluarga cukup menyimpan nomor telepon si penerima ini, kemudian mengirimkan dana atau e-cash sesuai nominal yang diinginkan. E-cash yang populer adalah e-cash dari Bank Mandiri.