Cara Merawat Kambing Yang Benar

Kambing Aqiqah.

1.Menyesesuaikan jumlah kambing dengan ukuran kandang

Cara untuk merawat kambing agar cepat gemuk yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara memperkirakan ukuran kandang yang tepat sesuai dengan jumlah kambing yang anda miliki. Jangan sampai jika dalam kandang yang kecil berisi banyak kambing sehingga ruang geraknya sangat terbatas dan pertumbuhan kambingnya bisa jadi lambat. Maka dari itu kita harus mempertimbangkan ukuran tempat kambing dan jumlah kambingnya.

2. Pilih bibit yang unggul

Pilih bibit yang unggulal penting yang perlu diingat adalah memilih bibit yang unggul, biasanya potensi kambing akan mudah tumbuh besar atau tidak dapat diketahui melalui beberapa ciri-ciri tertentu. Hal ini biasanya berhubungan dengan faktor genetik dan bakatnya untuk tumbuh. Bila anda masih pemula dalam memelihara kambing, Anda dapat meminta bantuan pada yang sudah ahli merawat kambing untuk mencarikan kambing yang mudah gekmukĀ  perawakannya. Nah, dengan bibit unggul itulah nantinya kambing tersebut bisa dijadikan kambing aqiqah.

3. Pilih lokasi yang tenang dan aman

Ternyata tumbuh kembang kambing juga bisa dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggalnya kambing tersebut. Pilihlah kandang kambing yang lingkungannya tenang sehingga tidak terganggu oleh keramaian. Bila Anda meletakkannya di tempat yang tenang dan nyaman, nafsu makannya akan baik. Hindarkan dari keramaian karena akan membuatnya merasa stres, tidak mau makan dan sakit. Jika kambing sakit, pasti badannya akan lebih sulit menjadi gemuk.

4. Memberi pakan yang bernutrisi

Syarat mutlak sebagai cara merawat kambing agar cepat gemuk adalah dengan memberi pakan yang bernutrisi. Pakan ini harus bervariasi dan berikan makanan yang disukai kambing agar nafsu makannya terjaga dan pertumbuhan kambing cepat.

Rajinlah memberi pakan hijau seperti dedaunan atau rumput yang dapat diperoleh dengan mudah di sekitar Anda. Setelah itu bisa diberikan setiap hari pada pagi dan sore dengan teratur. Dengan begitu pengeluaran anda akan lebih sedikit namun tetap harus memberikan pakan yang kaya vitamin, karbohidrat, protein dan mineral agar sehat.

5. Menjaga kebersihan kandang

Menjaga kebersihan kandang adalah hal yang sangat penting dan harus selalu dilakukan, supaya kandang kambing selalu bersih dan kambing pun nyaman. Bersihkan kandang secara teratur dari kotoran dan juga pakan yang berjatuhan. Hal ini akan meminimalisir kambing dari penyakit yang bisa menyerangnya. Jangan sampai kambing Anda sakit dan berat badannya tak kunjung bertambah. Karena kalau kambing sakit berat badannya tak berkunjung bertambah dengan cepat.

6. Mengenali penyakit kambing

Tahukah Anda bahwa kambing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mudah terserang penyakit. Beberapa jenis penyakit yang sering dijumpai pada hewan kambing seperti kembung, cacingan, pink eye dan masih banyak lagi.Selain itu, kambing juga sering mengalami masalah keracunan makanan terutama untuk kambing yang di angon. Lalu bagaimana cara merawat kambing tersebut?

Untuk mengendalikan beberapa penyakit tersebut, penting sekali melakukan budidaya ternak kambing dengan baik dan tepat. Untuk menjaga kesehatan kambing peliharaan bisa dilakukan dengan beberapa cara di antaranya memberikan vaksin, memberi vitamin dan antibiotik dan lain sebagainya.Waspadalah dengan berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang kambing kapan saja. Jadi bila ada tanda-tanda kambing sakit, segeralah cari tahu dan berikan obat sesuai dengan keadaannya dengan berkonsultasi pada tenaga kesehatan hewan.

7.Memandikan kambing peliharaan

Selain memperhatikan makanan dan juga minuman kambing peliharaan Anda, cara merawat kambing yang benar yaitu dengan memandikan kambing secara rutin.Tujuan memandikan kambing ini yaitu untuk meningkatkan kesehatan kambing dan juga menambah nilai jualnya. Perlu diingat, untuk memandikan kambing peliharaan Anda sebaiknya dilakukan sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun.

Dengan memandikan kambing peliharaan Anda secara rutin, Anda sudah bisa mengantisipasi kuman, parasit, dan juga jamur bersarang pada tubuhnya.Kambing yang bersih akan terlihat lebih sehat dan juga segar, sehingga harga jualnya juga semakin tinggi.

8.Pemotongan kuku kambing

Cara merawat kambing selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu dengan memotong kuku pada kambing kesayangan Anda. Umumnya, pemotongan kuku kambing ini dilakukan untuk jenis kambing yang sering dikandangkan.Kambing yang dikandangkan memiliki pertumbuhan kuku yang lebih cepat dibandingkan yang diangonkan.

9.Pemberian vitamin secukupnya

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan saat beternak kambing yaitu dengan selalu memberikan vitamin secukupnya. Cara merawat kambing yang satu ini memang seringkali diabaikan karena dianggap tidak penting.Tahukah Anda memberikan vitamin secara rutin dapat menghindarkan kambing dari berbagai penyakit yang bisa kapan saja menyerang.Diharapkan dengan memberikan vitamin kambing secara rutin, akan membuat kambing sehat dan terbebas dari berbagai penyakit berbahaya.Jika kambing sehat dan gemuk tentu harga jualnya di pasaran semakin tinggi. Sangat menguntungkan sekali, bukan? Jadi pastikan untuk memperhatikan hal yang satu ini.

10.Kandang cukup sirkulasi udaranya

Jangan biarkan kandang kambing Anda terlalu lembab dan pengap dengan memberi sirkulasi udara yang cukup. Hal ini tentu saja agar kandang kambing tidak bau.

Nah, ada banyak sekali tips dan cara merawat kambing agar cepat gemuk yang bisa dicoba. Lakukanlah satu persatu dan buktikan agar Anda dapat segera menjualnya dan memperoleh banyak untung.