Cara Mencegah Kerusakan Koper di Pesawat

Tak sedikit traveler mengeluhkan Koper rusak begitu tiba di bandara tujuan. Untuk mencegah hal itu terjadi, setidaknya ada 6 tips penting yang bisa Anda lakukan.

Kerusakan koper saat tiba di bandara tujuan bukanlah hal baru. Tak sedikit traveler yang mengalami hal itu, mulai dari roda yang rusak sampai handle yang patah.

Ada beberapa cara mencegah kerusakan koper saat bepergian naik pesawat berikut 6 caranya:

9 Tips Agar Koper Tidak Hilang saat Liburan - RedDoorz Blog

1. Pilih maskapai yang terpercaya
Maskapai menjadi pihak pertama yang digarisbawahi traveler terkait kerusakan koper. Meski tak sepenuhnya salah maskapai, ada baiknya Anda memilih maskapai yang terpercaya.
Maskapai besar belum tentu baik dalam mengurus bagasi penumpang. Pilihlah maskapai yang Anda percaya, dan Anda tak pernah mengalami kerusakan koper jika naik maskapai tersebut.

2. Wrapping
Sekuat apapun koper Anda, jika masuk bagasi ada baiknya di-wrapping terlebih dahulu. Koper Anda akan dibalut dengan plastik tebal, untuk koper kotor dan mengurangi goncangan saat dipindahkan.
Fasilitas wrapping ada di tiap bandara, harganya pun tak mahal. Sekitar Rp 30.000-35.000 untuk satu koper.

3. Jangan simpan barang berharga di koper
Sudah rahasia umum, pihak bandara sering membobol tas dan koper yang masuk bagasi. Bahkan banyak kejadian, barang-barang traveler serta merta hilang.
Untuk menghindarinya, jangan simpan barang berharga di bagasi. Baik itu dompet, paspor, kamera, laptop, perhiasan, dan barang-barang lainnya. Bawalah serta bersama Anda di kabin pesawat.

4. Minta stiker ‘fragile’
Stiker ‘fragile’ digunakan untuk bagasi berisi barang rapuh atau pecah belah. Kalau barang Anda termasuk rapuh, mintalah stiker tersebut saat check-in bagasi.
Hal ini memperkecil kemungkinan koper atau barang Anda dibanting, atau dibawa secara kasar oleh petugas baggage handling.

5. Koper berkualitas
ini juga penting bagi traveler yang sering bepergian. Gunakanlah koper yang bagus dan berkualitas, sehingga jika terjadi kerusakan, tidak akan parah.
Banyak koper merek terkenal yang sudah teruji kekuatannya. Jangan pentingkan bentuk dan tampilan koper, karena kualitas yang menentukan kuat atau tidaknya koper tersebut.

6. Jika koper rusak, jangan tinggal diam
Hal yang paling penting dan harus diingat. Kalau Anda menemukan kerusakan pada koper, termasuk pembobolan dan pencurian barang dalam koper, segera laporkan ke petugas keamanan dan petugas maskapai.

Banyak traveler yang mengaku malas atau terlalu letih untuk mengadu. Namun faktanya, Anda bisa meminta ganti rugi kepada maskapai yang bersangkutan. Baik dalam bentuk uang, maupun penggantian koper.