Cara Membuat Wifi dengan Sistem Voucher

Hanya saja … alatnya agak sedikit mahal. Jadi pilihan terbaik tetap jatuh pada router mikrotik. Selain harganya terjangkau, pengoprasiannya juga cukup mudah karena memang sudah banyak digunakan.

Komunitas dan tutorial penggunaan router ini juga bertebaran. Jadi jika sewaktu-waktu kalian menemukan masalah, kalian bisa dengan mudah mencari solusinya di internet.

Beli router mikrotik di sini. Di link tersebut ada juga yang jual router mikrotik yang sudah disetting dan siap pakai untuk bisnis voucher wifi. Cuma harganya memang agak lebih tinggi, sih.

Terserah kalian, ya, mau beli langsung jadi atau ikuti tutorial singkat ini. He he.

 

Langkah 1: Install Paket NTP dan Userman di Mikrotik

Sebelum memulai langkah pertama ini, pastikan dahulu mikrotik kalian sudah terhubung ke internet. Karena untuk menginstall kedua paket tersebut perlu mendownload terlebih dahulu.

Kalian juga perlu untuk mengupdate mikrotik ke versi yang lebih baru. Berikut caranya:

  1. Login ke mikrotik menggunakan winbox.
  2. Klik menu quick set. Pada bagian system, klik tombol check for updates.
  3. Pastikan kalian memilih channel stable, lalu klik lagi tombol check for updates.
  4. Masuk ke menu system > routerboard. Lalu klik tombol upgrade.

Langkah 2: Download Paket Tambahan

Langkah kedua adalah mendownload extra package (berisi userman dan NTP) yang sesuai dengan arsitektur prosesor mikrotik yang kalian pakai. Cara mengetahui arsitektur prosesornya bisa ke menu system > resources. Di sana akan ada keterangan architecture name.

 

Setelah ketemu, sila download extra packagenya di sini. Pastikan mendownload extra packages yang sudah stable.

 

Langkah 3: install Userman dan NTP

Setelah kalian mendownload extra packages, silakan ekstrak file .zip yang kalian dapat. Di dalamnya akan ada banyak sekali paket yang bisa kalian install.

Karena di sini kalian hanya memerlukan userman dan NTP, maka sila upload keduanya ke mikrotik. Caranya …

  1. Klik menu files > upload.
  2. Cari lokasi kedua file tersebut. Kalian bisa langsung menguploadnya sekaligus dengan menyeleksinya, lalu klik tombol open.
  3. Setelah paket userman dan NTP terupload, restart mikrotik di menu system > reboot.

Setelah mikrotik hidup kembali, secara otomatis userman sudah terinstall. Cara ceknya bisa dengan membuka browser, lalu ketik IP mikrotik/userman; contoh 192.168.1.1/userman

Mohon maaf, nih, karena dari sini sampai seterusnya sangat teknis sekali jadi kami putuskan untuk membuat postingan terpisah. Monggo baca lanjutannya di sini: cara membuat voucher wifi.

 

Sumber : www.infoteknoterkini.com