Bukit Cumbri Wonogiri Jogja: Pesona Puncak Bukit Wonogiri yang Mengagumkan Mata!

Sejak mulai terendus media sosial, kini Bukit Cumbri Wonogiri sedang menikmati kepopulerannya dikalangan wisatawan pecinta adventure. Bagaimana, apakah Anda salah satunya? Jika biasanya, yang banyak dieksplor adalah pegunungan, kini bukit juga tak kalah menarik untuk di daki.

Bukit Cumbri ini merupakan salah satu bukit yang mempunyai ketinggian dan tingkat kecuraman yang luamayan menantang. Anda bisa pergi plesir ke bukit ini jika menginginkan liburan yang lebih menantang.

Jika tak mau repot, Anda bisa sewa paket wisata supaya lebih mudah dan tidak ribet. Anda juga bisa sewa mobil murah di Jogja, sewa mobil Jogja, rental motor di Jogja, rental motor harian di Jogja, rental motor murah di Jogja.

Bahkan, Bukit Cumbri ini juga sempat dijadikan lokasi syuting salag satu acara televisi tantangan adventure lho. Pasti Anda sudah bisa menebak apa acara televisi tersebut. Nah, makanya, jika Anda juga menginginkan eksplor liburan yang menantang, Anda cukup datang ke sini, dan uji coba treknya!

Menyusuri Jalan Menuju Bukit Cumbri yang Elok

Bukit Cumbri ini berada di pinggiran kota Wonogiri. Tingginya sekitar 638 mdpl. Anda pasti juga bisa menebak pesona yang disuguhkan dari atas ketinggian tersebut. Tapi meskipun mempesona, Anda jangan sampai terbuai dan larut dalam kesenangan, karena Anda juga perlu memperhatikan medan jalannya, dan harus tetap waspada.

Puncak di bukit ini ada dua, Anda bisa memilih sesuai dengan keberanian Anda. Untuk bisa sampai ke lokasi ini, Anda harus rela trekking sekitar 1 jam dari area parkir. Cukup melelahkan memang, namun panorama alam yang di suguhkan di sana sungguh tidak akan membuat Anda menyesal.

Lokasi puncak ini, juga terkenal sebagai lokasi sunrise terbaik di Wonogiri. Anda bisa menyaksikan sunrise dengan paduan keindahan perbukitan yang hijau serta pegunungan yang berderet membentuk barikade semesta.

Lokasi ini, juga sering dijadikan sebagai lokasi fotographer sebagai tempat berburu foto epik. Memang, jika Anda gemar hunting foto. Lokasi di sini sangat indah dan instagramable. Anda bisa berfoto di atas batu besar yang ada di puncak bukit. Latar belakang yang disajikan pun keren.

Waktu Terbaik Menuju Bukit Cumbri

Anda bisa mengunjungi Bukit Cumbri ini dengan mencari referensi waktu terbaik menuju ke sana. Mengingat medannya berupa tanah dengan kontur tanah yang tidak rata, dan beberapa yang curam, maka Anda juga harus memperhatikan waktu terbaik supaya bisa berkunjung ke sana dengan aman, nyaman dan sesuai ekpetassi.

Anda bisa berkunjung ke sana saat musim kemarau, yakni sekitar pada bulan Juni sampai dengan Agustus. Takutnya, jika Anda berkunjung pada musim penghujan, jalan trekking akan menjadi becek, berlumpur, dan licin. Dan, itu akan menjadi bahaya bagi Anda yang ingin berkunjung ke Bukit Cumbri.

Disarankan juga, Anda berkunjung ke sini pada hari biasa jika ingin mendapatkan foto bagus, dan tidak terlalu ramai. Biasanya pada akhir pekan, wisatawan lebih meningkat lebih banyak sehingga bukit akan lebih penuh dengan banyak orang.

Anda juga bisa mencoba berburu sunrise dengan waktu terbaik berkunjung sekitar pada pukul 4 pagi sampai dengan 5 pagi. Pada jam tersebut, Anda bisa menjemput sunrise yang sempurna. Tenang saja, panorama yang disuguhkan di sini tak kalah menakjubkan dengan panorama lain.

Rute Pendakian yang Bisa Anda Tempuh

bukit cumbri wonogiri
sumber: travelspromo.com

Jika Anda ingin pergi ke puncak Bukit Cumbri ini, Anda bisa mendaki dengan melewati tiga rute pendakian yang ada di Wonogiri. Pertama, Anda bisa menggunakan jalur pintu timur melewati Dusun Jatisari, Desa Biting.

Jalur kedua, Anda bisa melewati pintu tengah, melalui Dusun Sumber, Desa Biting. Dan jalur ketiga Anda bisa melewati pintu barat Dusun Kepyar. Anda bisa memilih dari tiga jalan pendakian tersebut untuk bisa sampai ke puncak Bukit Cumbri.

Pesona Puncak Bukit Cumbri tidak kalah menarik dari puncak bukit yang ada di kota lain seperti puncak Tebik Keraton, Bandug, lalu Tebing Cadas Gantung, Majalengka, dan Eling Bening di Ambarawa. Puncak Bukit ini rasanya seperti mendaki gunung kecil yang bisa Anda daki hanya dengan mendaki selama 1 jam dari area parkir.

Tips Mengunjungi Bukit Cumbri

Sebelum mendaki Bukit Cumbri yang eksotis ini, Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut, supaya Anda bisa menyesuaikan dengan keadaan tubuh Anda.

Nah, Anda bisa simak tips berkunjung berikut:

  • Pastikan kendaraan Anda dalam keadaan bagus. Mengingat perjalanan yang harus Anda tempuh cukup menempuh jarak yang lumayan sehingga Anda harus memastikan kendaraan Anda cukup baik.
  • Tubuh harus fit. Untuk bisa akses ke puncak bukit, Anda harus mempunyai keadaan tubuh yang fit dan bugar. Tidak enak, kan kalau Anda tidak menjaga tubuh, tidak bisa mendaki dengan baik? Jadi pastikan, tubuh Anda dalam keadaan prima.
  • Bawa bekal minum dan makanan. Perjalanan yang nantinya Anda akan tempuh lumayan memakan tenaga, sehingga Anda juga harus membawa bekal minum yang cukup supaya tidak terhidrasi. Jangan lupa untuk membawa cemilan setidaknya yang bisa mengganjal perut.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang nyaman. Jangan sampai salah kostum ya. Ini kan perbukitan, Anda harus mendaki, kalau tidak memakai pakaian yang nyaman dan menyerap panas, nanti Anda akan lebih lelah dan tidak nyaman. Alas kaki juga penting, gunakan sepatu, jangan heels ya.
  • Bawa kamera dalam keadaan full. Jangan sampai ya, Anda ingin mengabadikan momen terbaik, eh kameranya mati. Sayang banget kalau dilewatkan.

Itu lah beberapa tips ala kami yang bisa Anda perhatikan. Tenang saja, bagi Anda yang datang jauh dari luar kota, Anda tidak perlu bingung. Kami juga punya tips untuk Anda.

Dengan jasa sewa agen rental motor Jogja atau pusat agen rental mobil murah di Jogja, dan agen wisata murah di Jogja, Anda bisa lebih mudah, dan berkualitas. Liburan lebih nyaman. Yuk holiday bersama kami. Langsung kunjungi https://rentaljogja.co.id/ ini.