Berikut Panduan Melahirkan Normal

Jasa Perawatan Pasca Melahirkan – Untuk wanita yang pilih melahirkan normal, kemungkinan ada rasa takut saat hadapi hari persalinan kelak. Memikirkan betap sakitnya dan besarnya perjuangan yang diperlukan saat melahirkan normal makin menambahkan kecemasan ibu. Tak perlu kuatir, persalinan normal sebuah proses alami untuk melahirkan si buah kesayangan ke dunia. Ibu perlu memperhatikan beberapa tips berikut supaya persalinan normal kelak berjalan mulus.

Berikut Panduan Melahirkan Normal

Persalinan normal ialah melahirkan bayi dengan alamiah lewat Miss V. Sistem persalinan ini cuman dapat dilaksanakan oleh ibu hamil yang tidak mempunyai masalah kesehatan tertentu yang dapat beresiko pada keselamatan ibu dan janin. Untuk ibu yang pilih untuk melahirkan normal, berikut beberapa tips untuk menyiapkan diri:

  • Diskusikan Kepada Dokter

Bahas ke dokter kandungan mengenai kemauan ibu untuk melahirkan normal. Dokter yang ketahui kisah kesehatan ibu dan janin segera dapat memberitahu apa ibu bisa jalani persalinan normal. Kontrol kehamilan dengan teratur ke dokter kandungan untuk mengawasi kesehatan janin dan mengetahui ada masalah pada kehamilan.

  • Ketahui Resikonya

Ada selalu resiko dari tiap tipe persalinan, tidak kecuali persalinan normal. Kompleksitas melahirkan bisa terjadi bila janin ada dalam status sungsang, proses persalinan berjalan kelamaan atau karena factor ketidaksiapnya dari tenaga pakar dan perlengkapan klinis yang dipakai. Beberapa faktor itu dapat mengakibatkan bayi terbelit tali pusar, tali pusat menumbung atau prolaps, dan persalinan memanjang.

  • Yakinkan Diri Sendiri dan Minta Dukungan Suami

Kalau sudah memilih untuk jalani persalinan normal, optimis diri kita jika sistem ini dipililh untuk kebaikan ibu dan janin. Ingat-ingatlah keuntungan-keuntungan yang bakal ibu peroleh dari melahirkan normal, yakni proses pemulihan yang cepat sesudah melahirkan, terbebas dari dampak beberapa obat, dan ibu dapat segera menyaksikan bayi. Minta suport dari suami untuk selalu menyemangati ibu, khususnya mendekati hari persalinan.

  • Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan

Seharusnya tentukan rumah sakit yang memberikan dukungan persalinan normal, hingga keputusan ibu untuk melahirkan dengan alamiah bisa diupayakan semaksimal kemungkinan. Disamping itu, tentukan rumah sakit yang berada tidak jauh dari rumah, hingga ibu bisa selekasnya ke rumah sakit saat datang waktunya untuk melahirkan. Yakinkan rumah sakit yang ibu tentukan mempunyai sarana untuk melahirkan normal dan tenaga kesehatan yang terbiasa.

  • Ikuti Kelas Persiapan

Di kelas penyiapan melahirkan, ibu dan pasangan bisa ketahui banyak info sekitar langkah melahirkan normal. Ibu akan diajari tehnik pernafasan yang bisa menolong kurangi merasa sakit saat bersalin. Ibu dapat berjumpa dengan beberapa wanita hamil yang lain untuk sama-sama share info dan panduan.

  • Pilih dan Latih Pose Yoga

Kecuali dalam kelas penyiapan melahirkan, ibu bisa latih pernafasan dengan mengikut kelas yoga. Ibu bisa ingat beberapa gaya atau pergerakan saat di kelas yoga, untuk nanti dilatih kembali bersama pasangan di dalam rumah. Latihan pernafasan penting untuk dilaksanakan dengan teratur di bulan paling akhir kehamilan.

  • Pijat

Kontraksi akan kerap ada saat hari persalinan telah makin dekat. Untuk kurangi merasa sakit karena kontraksi dan untuk bikin ibu berasa tenang, pijatan dari pasangan atau bagian keluarga lain akan dibutuhkan.

  • Tenang dan Ikuti Instruksi

Saat waktunya bersalin, ibu diinginkan dapat tenang dan mengendalikan pernafasan sama seperti yang telah ibu latih di kelas penyiapan melahirkan. Turuti perintah dari dokter atau bidan untuk menggerakkan bayi keluar.

Info Selengkapnya : Paket Setelah Melahirkan.