Beberapa Cara Agar Sukses Dalam Belajar Online

  1. Tetapkan Tujuan Utama

tips sukses belajar online

 Tip yang paling penting bagi siapa pun yang menghadiri atau mempertimbangkan gelar online adalah tetap pada tugas. Dapat dimengerti bahwa terkadang hal- hal terjadi dalam hidup yang tidak terduga dan menarik kita menjauh dari studi kita. Tetapi Anda harus mengingat tujuan utama Anda.

 Ketika Anda menetapkan tujuan yang secara pribadi penting, Anda akan cenderung mengatur waktu Anda dengan cara untuk mencapainya.

 Agar studi online menjadi pengalaman yang sukses, Anda harus bersemangat tentang program studi yang Anda pilih. Gairah ini akan mendorong Anda untuk disiplin dan bertahan ketika tenggat waktu membayangi.

Selalu ingatkan diri Anda mengapa Anda pergi ke sekolah. Sekolah online sepenuhnya digerakkan oleh diri sendiri dan mengingatkan diri Anda sendiri mengapa Anda memulai dari awal dapat meningkatkan dorongan Anda dan membantu Anda mencapai tujuan Anda!

 Ingatlah mengapa Anda mencari gelar ini. Hanya memiliki pola pikir bahwa saya melakukan ini untuk keluarga saya, atau saya melakukan ini untuk karier yang lebih baik, atau hanya melakukannya untuk mengatakan” hei, saya berhasil” sudah cukup mendorong Anda untuk tetap fokus pada studi Anda. Dan ingatlah tujuan akhir.

 Fokus pada gambaran besar dan ingat mengapa Anda memilih untuk belajar di tempat pertama. Ambil satu langkah pada satu waktu dan, sebelum Anda menyadarinya, Anda akan lebih dekat untuk mencapai impian Anda.

 Keinginan untuk meraih mimpi dan menjadi mahasiswa itu harus selalu menyertai Anda, melalui setiap kursus, dan untuk setiap tujuan yang ingin Anda capai. Anda harus mendekati tugas dengan keyakinan, apakah itu membuat catatan pada notespad pendidikan 2 menit atau melakukan penelitian untuk tesis.

Baca Juga : Bimbel Masuk FKUI, Bimbel Kedokteran

  1. Perlakukan Belajar Seperti Pekerjaan

 Selalu ingat, belajar adalah pekerjaan Anda. Secara sadar memilih untuk muncul, menyerap konten luar biasa yang tersedia untuk Anda, menjadwalkan penilaian, kuliah, tugas, dan benar- benar menetapkan dan menjaga batasan itu. Memiliki pola pikir sukses. Menerapkan batasan tegas. Buat jadwal seperti Anda bergantung padanya.

 Saya berencana untuk memperlakukan kelas online saya seperti pekerjaan. Menetapkan tujuan harian dan membuat daftar periksa dapat membantu saya berhasil dalam setiap kursus dan proyek, memungkinkan saya untuk membuktikan bahwa saya dapat bekerja secara efisien dan mandiri. Mencapai tujuan kecil setiap hari dan membuat portofolio akan membantu memotivasi saya untuk terus bekerja.

 Beberapa kelas online meminta Anda untuk memposting foto diri Anda yang dapat dilihat teman sekelas Anda di kelas online Anda. Saya telah melihat beberapa doozies, termasuk tembakan yang hampir terlihat pornografi. Harap diingat bahwa kelas online Anda bukanlah pemotretan model di mana Anda bisa memamerkan aset Anda. Oh, dan itu juga termasuk memposting gambar wajah anjing Anda, bukan wajah Anda.

  1. Buatlah Rencana Studi

 Buatlah rencana belajar! Di awal setiap semester saya meluangkan waktu untuk merencanakan bacaan dan mengerjakan tugas. Meskipun saya secara teratur menyesuaikan rencana jika perlu, itu membuat saya tetap pada jalurnya.

 Tetapkan rencana studi yang jelas dan dapat dicapai dan patuhi itu 95 dari waktu, berikan diri Anda ruang dan jeda untuk hal- hal yang tidak terduga.

Terorganisir dan tetapkan jumlah jam tertentu per hari atau minggu ke dalam jadwal Anda untuk belajar.

 Saya sangat menyarankan untuk membuat rencana semester, rencana studi, dan strategi manajemen waktu sesuai dengan jam belajar yang ditentukan per minggu. Ini harus dilakukan beberapa hari sebelum semester dimulai.

 Memiliki notes rencana untuk sekolah saja. Di perencana saya, saya dapat mengatur tugas atau tugas harian saya yang perlu diselesaikan. Saya akan menuliskan berapa kali saya harus terlibat dalam diskusi. Saya juga akan menjadwalkan sesi belajar saya dan topik apa yang akan saya kerjakan untuk hari itu. Ini benar- benar membantu saya untuk tetap berada di atas tanggal jatuh tempo dan membuat saya tetap di jalur untuk menjadi sukses di kelas saya.

 Rencanakan ke depan! Ketika datang ke sekolah online, Anda tidak memiliki waktu yang ditetapkan untuk duduk- duduk dan melakukan pekerjaan Anda. Anda harus selalu merencanakan waktu khusus sendiri untuk melakukan pekerjaan Anda.

Tuliskan jadwal mingguan dengan tanggal dan waktu. Pastikan untuk menyisihkan waktu yang cukup untuk fokus hanya pada sekolah tanpa gangguan. Itu penting.

Baca Juga : Bimbel UTBK, Bimbel Masuk UI

  1. Kelola Waktu dengan Hati- hati

 Tetapkan jadwal dan patuhi itu agar Anda tetap terstruktur. Orang umumnya lebih baik dalam lingkungan yang terstruktur. Jadi mengapa tidak membuatnya lebih mudah untuk diri sendiri? Jika Anda tahu blok waktu yang Anda curahkan untuk sekolah, Anda lebih cenderung untuk konsisten, menghindari tugas yang terlambat dan mengutamakan belajar.

 Buatlah rencana mingguan sehari sebelum minggu baru dimulai sehingga Anda tahu apa yang akan Anda lakukan sejauh pekerjaan rumah dan penelitian. Bagilah semuanya selama seminggu sehingga Anda tahu apa yang harus diselesaikan setiap hari. Tinjau materi dalam porsi kecil sehingga Anda tidak menjejalkan semuanya dalam satu hari, stres, dan mencoba untuk bergegas dan menyelesaikan semuanya pada menit terakhir.

Perkirakan berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk belajar. Atur jadwal dan beri tahu keluarga/ teman serumah Anda. Sangat penting untuk mendapat dukungan dari orang- orang yang tinggal bersama Anda. Mereka tidak dapat membantu Anda sukses jika Anda tidak memberi mereka kesempatan.

 Sukses dalam studi online bermuara pada satu keterampilan yang dapat diterapkan pada semua yang Anda lakukan dalam hidup Manajemen Waktu. Buat jadwal yang dapat Anda periksa dengan cepat untuk melihat apa yang perlu Anda selesaikan dan kapan tugas tersebut harus diselesaikan. Sisihkan waktu untuk diri sendiri dan untuk studi Anda. Selama waktu belajar khusus Anda, cobalah untuk memutuskan hubungan dari gangguan seperti media sosial, telepon, atau televisi sehingga Anda dapat fokus pada apa yang benar- benar perlu Anda selesaikan. Dan ketika Anda menyelesaikan tugas lebih cepat dari jadwal sebelumnya. Lihatlah ke depan dan mulailah bekerja di masa depan. Percayalah, Anda akan berterima kasih pada diri sendiri nanti.

 Saya biasa menunggu sampai menit terakhir untuk menyelesaikan dan menyerahkan tugas saya. Itu tidak melakukan apa- apa selain menambah lebih banyak stres. Saya telah menyadari bahwa, jika saya mengatur kecepatan dan tetap proaktif di kelas saya, saya merasa lebih baik tentang tugas saya. Jika saya mengacaukan sesuatu, saya masih punya waktu untuk kembali dan memperbaikinya.

  1. Memiliki Blok Studi Khusus

Pertama dan terpenting, perlu ada waktu yang disisihkan setiap hari, tanpa gangguan, untuk sepenuhnya fokus pada pekerjaan Anda.

 Luangkan waktu untuk sekolah Anda. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, Anda harus memotong waktu dari hidup Anda untuk fokus pada sekolah. Pengorbanan harus dilakukan – hadapilah. Jika saya memiliki turnamen kickboxing pada malam yang sama dengan ujian, coba tebak? Ujian itu!

 Yang terbaik adalah memiliki waktu yang terjadwal untuk belajar. Saya punya waktu dua jam setiap malam untuk belajar. Ketika anak laki- laki saya lebih muda, ini setelah mereka tidur, jadi saya punya dari jam 9 malam. sampai jam 11 malam setiap malam untuk studi saya. Sekarang kami mengerjakan pekerjaan rumah/ belajar bersama di malam hari.

 Apa yang sangat membantu saya adalah menyisihkan’ waktu sekolah’. Ini pada dasarnya adalah anugrah tabungan saya. Saya memperlakukan kelas online saya seolah- olah itu adalah pengaturan kelas tradisional. Tiga kali seminggu saya’ pergi ke sekolah’. Saya benar- benar memblokir jendela dua jam untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, berpartisipasi dalam diskusi online dengan teman sekelas saya, dan juga belajar. Saya tidak membiarkan diri saya’ terlambat’ ke sekolah atau menjadwal ulang waktu kelas sehubungan dengan acara sosial, kegiatan, atau apa pun yang dapat dengan mudah menjadi pengalih perhatian.

Pendidikan Anda penting sehingga menjadwalkan waktu yang tepat setiap hari untuk fokus pada hal itu benar- benar dapat membuat perbedaan. Jadwal ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan semuanya tanpa merasa seperti Anda mengabaikan apa pun.

Baca Juga : Les Privat SBMPTN, Bimbel Intensif SBMPTN

 Sisihkan waktu. Saya lebih suka pagi hari. Saya berangkat ke kantor lebih awal( biasanya 1 jam lebih awal) dan mendedikasikan ini untuk belajar. Aku mengunci diri di kamarku. Pagi adalah yang terbaik, karena Anda masih segar dan belum ada masalah stres terkait pekerjaan yang dibawa ke meja Anda.

 Dedikasikan sejumlah waktu tertentu setiap hari atau setiap minggu untuk belajar dan berkomitmen untuk itu. Banyak yang bisa muncul dalam hidup, dan akan selalu ada banyak gangguan. Jika Anda adalah orang pagi, maka bangunlah satu jam lebih awal dan luangkan waktu untuk belajar. Jika Anda seorang night owl, maka dedikasikan sebagian dari waktu Facebook dan Instagram di malam hari untuk belajar.

 Secara pribadi, saya cenderung menikmati( dan mendapat manfaat) paling banyak dari kursus saya ketika saya dengan sengaja menjadwalkan beberapa waktu sebelumnya untuk mengabdikan diri pada pekerjaan sekolah. Ini membantu saya untuk memprioritaskan sekolah dan memenuhi tenggat waktu saya, sambil tetap memungkinkan saya untuk memiliki kehidupan yang sibuk dan aktif.

tips belajar online