ASO Untuk Pemasaran Digital Aplikasi

Persaingan di toko aplikasi seluler sangat brutal. Dengan 9 juta aplikasi seluler di Google Play dan 2,5 juta di App Store, penting bagi bisnis untuk memiliki strategi Pemasaran Aplikasi yang kompeten dan — khususnya Pengoptimalan App Store (ASO) — untuk menempatkan aplikasi mereka di puncak pasar.

Apa itu ASO?

ASO adalah untuk aplikasi apa itu SEO untuk situs web. Seperti namanya, ASO, atau Pengoptimalan App Store, adalah proses pengoptimalan aplikasi untuk memastikan aplikasi itu muncul di antara hasil pertama saat pengguna mencari di toko aplikasi. Semakin banyak visibilitas yang dimiliki aplikasi seluler di toko, semakin besar kemungkinannya untuk ditemukan oleh pengguna dan, oleh karena itu, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan unduhan.

Faktor ASO yang perlu dipertimbangkan

Semakin banyak instalasi dan semakin cepat kita mendapatkannya, semakin baik posisi aplikasi. Apa yang tidak begitu baik adalah bahwa tingkat penghapusan instalasinya tinggi. Ini adalah indikator bahwa produk (aplikasi) tidak sebaik yang seharusnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki beberapa poin yang jelas sebelum mengonfigurasi aplikasi Anda:

Nama aplikasi: Nama aplikasi harus berisi kata kunci utama yang ingin kita temukan dan, di samping itu, menarik perhatian.

Deskripsi: Deskripsi aplikasi, dalam hal Google Play, harus menyertakan kata kunci (tanpa mencapai spam) dan, dalam hal Apple, itu harus digunakan sebagai senjata pemasaran untuk memikat pengguna. Batasnya adalah 4000 karakter, tetapi teks harus singkat dan teratur, dan selalu menjelaskan tema atau utilitas.

Pilihan kata kunci: Dalam kasus Google Play kami tidak memiliki bidang “kata kunci”, sementara di Apple kami memilikinya. Penting untuk mempertimbangkan hal ini untuk mempercepat pencarian aplikasi kita.
Nama pengembang: Ada baiknya nama pengembang menyertakan kata kunci. Selain itu, senioritas pengembang juga merupakan faktor penting karena mereka memiliki lebih banyak “kekuatan” untuk peringkat.
Ikon: Ikon tidak secara langsung mempengaruhi ASO, namun penting untuk menarik perhatian pengguna karena biasanya itu adalah hal pertama yang mereka perhatikan.
Tangkapan layar: Seperti halnya ikon, tangkapan layar yang dipilih untuk halaman aplikasi tidak akan membuatnya berperingkat lebih baik, tetapi pilihan tangkapan layar yang baik akan membuat pengguna “mati” untuk memasangnya.
Terlepas dari faktor-faktor Dalam Situs ini, kita harus selalu mengingat beberapa faktor Luar Situs lainnya, seperti:

Popularitas aplikasi: Faktor ini secara langsung mempengaruhi keberhasilan strategi ASO, karena semakin tinggi jumlah unduhan, semakin baik posisi aplikasi di toko.
RKPT (rasio klik per tayang): Rasio Klik Tayang yang tinggi (persentase klik di antara jumlah tayangan) memiliki pengaruh positif pada ASO. Agar klik diterjemahkan menjadi unduhan, opsi yang baik mungkin adalah dengan menawarkan aplikasi secara gratis untuk meningkatkan jumlah unduhan -bahkan jika ada pembelian dalam aplikasi- dan dengan demikian meningkatkan pemosisian.
Ulasan dan peringkat: Ulasan positif secara langsung memengaruhi ASO aplikasi karena penting untuk algoritme sekaligus menghasilkan kepercayaan pada pengguna, memotivasi mereka untuk mengunduh dan mencoba aplikasi.
Jejaring Sosial: Dari mana pun lalu lintas berasal, ini membantu meningkatkan pemosisian sehingga merupakan faktor yang tidak boleh Anda abaikan. Beberapa jejaring sosial memiliki format iklan khusus untuk mempromosikan aplikasi (contoh yang baik adalah Twitter dengan Kartu Aplikasinya) dan mungkin menarik untuk menjelajahinya untuk mendapatkan lebih banyak unduhan.
Halaman arahan: Halaman arahan atau halaman arahan harus memiliki misi untuk mempublikasikan keberadaan aplikasi dan menjelaskan fitur yang ditawarkan dalam hal manfaat. Memberi tahu pengguna bagaimana memiliki aplikasi dapat meningkatkan kehidupan mereka adalah faktor penentu apakah mereka memutuskan untuk mengunduhnya ke ponsel mereka.
Apakah Anda ingin tahu cara mempromosikan aplikasi dengan digital marketing medan.