Apa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi jus cranberry?

Apa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi jus cranberry? – Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jus cranberry dapat mencegah infeksi, menunda atau mengurangi keparahan penyakit kronis, dan mencegah kerusakan oksidatif terkait usia. Bagi kebanyakan orang sehat, jus cranberry aman.

Jus cranberry untuk sementara dapat memperburuk kondisi, seperti refluks asam, karena bersifat agak asam. Beberapa orang menemukan bahwa jus cranberry meninggalkan rasa yang tidak biasa di mulut mereka, atau menyebabkan iritasi sementara pada gusi dan bibir.

Penelitian tentang manfaat jus cranberry sebagian besar merupakan pendahuluan, tetapi manfaat antioksidan dan antibakterinya tampak menjanjikan.

Baca juga : Beberapa tanaman anggrek yang mudah ditanan

Kebanyakan orang dapat dengan aman memasukkan jus cranberry ke dalam makanan mereka, dan mereka menambahkan satu porsi buah ke dalam makanan mereka saat mereka melakukannya.

Berikut setidaknya enam manfaat minum jus cranberry

1. Melawan kerusakan terkait usia

Jus cranberry dapat membantu melawan kerusakan terkait usia.
Bahan kimia yang disebut radikal bebas terakumulasi di dalam tubuh seiring bertambahnya usia. Radikal bebas menyebabkan kerusakan oksidatif. Ada hubungan antara kerusakan oksidatif dan masalah kesehatan, termasuk:

  • kanker
  • diabetes
  • penyakit jantung
  • kesehatan pencernaan
  • kesehatan saluran kemih

Beberapa bahan kimia dalam jus cranberry merupakan antioksidan atau senyawa yang melawan radikal bebas berbahaya. Kehadiran antioksidan berarti cranberry dan jus cranberry dapat membantu melawan kerusakan terkait usia pada jaringan tubuh.

Sebuah studi 2011 menemukan bahwa bahan kimia dalam cranberry mendorong aktivitas antioksidan yang lebih baik jika pH-nya lebih rendah. Studi tersebut juga menemukan bahwa buah beri secara signifikan lebih merupakan antioksidan kuat daripada jus cranberry, meskipun jus cranberry masih menawarkan beberapa manfaat.

Baca juga : Khasiat tanaman pandan yang tak banyak orang tahu.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa berbagai bahan dalam jus cranberry dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Cranberry mengandung bahan kimia tinggi yang disebut polifenol yang dapat mendukung kesehatan jantung. Sebuah studi tahun 2011 terhadap wanita dengan sindrom metabolik menemukan bahwa jus cranberry meningkatkan antioksidan dalam plasma darah. Orang yang minum jus cranberry juga memiliki low-density lipoprotein (LDL) yang lebih rendah. LDL dikenal sebagai jenis kolesterol “jahat”.

Sumber terpercaya studi 2011 lainnya menemukan bahwa jus cranberry dapat meningkatkan kesehatan pada orang dengan penyakit arteri koroner. Kecepatan gelombang nadi arteri karotis-femoralis rata-rata, yang merupakan cara untuk mengukur kekakuan arteri, berkurang di antara orang-orang dalam penelitian yang minum jus cranberry kekuatan ganda di laboratorium.

3. Mengobati atau mencegah infeksi saluran kemih (ISK)

Efek antibakteri jus cranberry dilaporkan mengurangi kejadian ISK pada tikus, menurut sebuah studi tahun 2017 di Frontiers in MicrobiologyTrusted Source.

Baca juga : Beberapa batang tanaman yang bisa dijadikan obat herbal.

Penurunan kejadian ISK diduga karena kemampuan sifat antibakteri untuk mengurangi kolonisasi Escherichia coli di kandung kemih. Bakteri, yang lebih dikenal sebagai E. coli, adalah penyebab sebagian besar ISK.

Sebuah studi tahun 2016, yang dilaporkan dalam Alternative Therapies in Health and MedicineTrusted Source, menunjukkan lebih sedikit infeksi bakteri dalam kultur urin dari anak laki-laki yang tidak disunat yang minum jus cranberry dan sebelumnya mengalami ISK berulang dibandingkan dengan mereka yang minum plasebo dan mereka yang telah disunat yang juga minum. plasebo.

Penulis menyimpulkan bahwa jus cranberry mungkin bermanfaat melawan pertumbuhan bakteri patogen.

4. Mendukung kesehatan pencernaan

Ada bukti yang berkembang bahwa fitokimia yang terkandung dalam cranberry berperan penting dalam kesehatan pencernaan.

Bukti manfaat kesehatan pencernaan dari mengkonsumsi jus cranberry, selain manfaat lainnya, dilaporkan dalam sebuah penelitian dari 2018 di Journal of the Science of Food and Agriculture.

Makalah itu mencatat bahwa menghambat produksi bakteri lain yang disebut H. pylori di perut dianggap meningkatkan kesehatan pencernaan. Para peneliti juga menyarankan diperlukan penelitian lebih lanjut tentang jus cranberry.

5. Mencegah infeksi

Studi menunjukkan bahwa cranberry dapat menghambat pertumbuhan mikroba bakteri.
Beberapa bahan kimia dalam cranberry dapat membantu melawan virus dan bakteri.

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa cranberry menghambat pertumbuhan tujuh mikroba bakteri. Studi tersebut tidak menilai apakah cranberry atau jus cranberry dapat mencegah infeksi mikroba ini pada manusia.

Demikian pula, sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa cranberry dapat melawan beberapa virus, termasuk norovirus, yang merupakan penyebab umum penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Penulis studi tersebut memperingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi berpendapat bahwa cranberry mungkin merupakan metode yang berguna untuk mengobati atau mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan.

6. Mendukung kesehatan pasca menopause

Risiko masalah jantung meningkat setelah menopause dibandingkan dengan risiko pada semua kelompok orang pada usia yang sama.

Sebuah studi tahun 2013 menyelidiki fenomena ini pada tikus yang ovariumnya telah diangkat. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi cranberry setiap hari mengurangi kolesterol total, hal ini menunjukkan kemungkinan produk cranberry

Nah itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi jus cranberry yang sepatutnya kamu ketahui.