Alasan Cincin Tunangan Dipakai Di Jari Manis Sebelah Kiri

Sebagian orang memakai cincin sebagai pengikat dari sepasang insan yang saling mencintai. Namun, tahukah Anda jika letak cincin tunangan dan cincin nikah itu berbeda? nah, kebanyakan orang akan meletakkan cincin tunangan di jari manis kiri dan cincin nikah di kanan.

Alasan Cincin Tunangan Dipakai Di Jari Manis Sebelah Kiri

Kenapa sih seperti itu? Adanya adat seperti itu tak terlepas dari beberapa alasan dibawah ini:

1. Tradisi Dari Yunani dan Romawi Kuno

Menurut tradisi Yunani dan Romawi kuno inilah yang menjadi alasan kenapa cincin tunangan diletakkan di jari manis sebelah kiri. Arti memakai di jari manis dikarenakan di jari manis terdapat pembuluh “vena cinta” dimana pembuluh tersebut mengalirkan darah langsung ke jantung.

Pembuluh vena ini diyakini masyarakat Romawi dapat menghubungkan hati sepasang kekasih cantik menjadi satu sebagai suami istri. Jika masih di tahap tunangan maka ditaruh di jari kiri wanita karena diharapkan nanti mampu membuktikan jadi ikatan yang sesungguhnya.

Nah ketika sudah menikah baru cincin tunangan tadi dipindah ke jari tangan kanan karena sudah resmi jadi sepasang kekasih yang sesungguhnya.

2. Cincin Merupakn Simbol Cinta

Dari zaman dahulu hingga saat ini percaya bahwa cincin merupakan simbol sejati karena bentuknya yang melingkar dan tidak memiliki awal dan akhir. Banyak orang percaya juga jika dengan mengenakan cincin di jari manis kiri akan membantu menumbuhkan ikatan emosional.

Maka dari itu cincin tunangan dipasangkan di jari manis tangan kiri, ini agar sepasang kekasih bisa menumbuhkan ikatan emosional satu sama lain sebelum melangsungkan pernikahan. Baru jika sudah melakukan pernikahan cincin dipindah di tangan kanan.

Ini menunjukkan bahwa pasangan ini telah siap dan matang dalam hal emosional. Harapannya nantinya bisa membawa rumah tangga lebih baik lagi.

3. Tak Ada Alasan Yang Penting Nyaman

Sebenarnya gak ada aturan untuk memasangkan cincin tunangan di jari manis tangan kiri maupun cincin nikah di jari manis tangan kanan. Bahkan beberapa negara memiliki perbedaan dalam mengenakan cincin tunangan ini.

Budaya yang berbeda-beda membuat letak cincin tunangan juga berbeda-beda. Bahkan banyak orang meletakkan cincin tunangan maupun cincin nikah selama mereka nyaman saja. Di Indonesia sendiri juga tidak ada kebiasaan atau budaya mengenai cara pemakaian cincin ini.

4. Simbol Karakter dan Kepercayaan

Dalam beberapa budaya seperti budaya barat tangan kiri dianggap sebagai simbol karakter dan kepercayaan. Maka dari itu inilah yang menjadi alasan cincin pertunangan dikenakan di tangan kiri.

Tak hanya itu, dengan cincin digunakan di jari kiri akan membuat awet cincin. Hal ini dikarenakan tangan kanan banyak melakukan aktivitas sehingga meningkatkan kerusakan cincin, maka dari itu digunakan di tangan kiri.

Penutup

Itulah beberapa alasan kenapa letak cincin tunangan berada di jari manis sebelah kiri. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika tak ada aturan khusus harus digunakan dimana cincin tunangan maupun cincin nikah. Semoga bermanfaat.