5 Jenis Biaya Dalam Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya melaporkan jenis jenis biaya pada perusahaan yang dibutuhkan manajemen untuk mengambil keputusan dan perencanaan kinerja bisnis perusahaan. 

Diantara tujuan akuntansi biaya adalah melaporkan biaya produksi barang atau jasa sebagai bisnis utama perusahaan. Data tersebut kemudian diolah oleh manajemen perusahaan untuk menetapkan harga jual dan kepentingan lainnya.

Berikut jenis biaya yang timbul dalam Akuntansi Biaya.

Jenis Biaya dalam Akuntansi Biaya

Biaya merupakan pengorbanan harta perusahaan untuk kegiatan operasional atau untuk aktivitas bisnis perusahaan. Jenis biaya yang ditanggung menyesuaikan dengan industri yang dijalankan. 

Ada beberapa jenis biaya yang akan dimasukkan ke dalam laporan akuntansi biaya diantaranya:

  • Biaya bahan baku

  • Biaya pabrik

  • Biaya operasional

  • Biaya distribusi

  • Biaya variabel

Cara Penetapan Biaya

Ada beberapa cara dalam penetapan biaya dalam akuntansi biaya diantaranya biaya marginal, biaya standar dan anggaran.

Biaya Marginal

Biaya marginal adalah biaya yang terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel.

Biaya tetap merupakan biaya yang ditanggung perusahaan akibat proses produksi barang, namun nominalnya tetap dari berbagai periode, tidak berkurang dan tidak bertambah meski terjadi perubahan produksi.

Sedangkan biaya variabel adalah biaya yang berubah mengikuti jumlah produksi barang dan jasa. Ketika jumlah produksi meningkat, biaya-biaya variabel juga akan meningkat begitupun ketika jumlah produksi turun, maka biaya variabel akan turun.

Pada jenis biaya ini, bisa ditetapkan menggunakan biaya marjinal. 

Biaya Standar

Penetapan biaya standar merupakan sistem penetapan yang membandingkan biaya sebenarnya dan biaya standar.

Biaya standar adalah biaya rata-rata yang digunakan jenis industri yang sama atau biaya yang sudah dihitung berdasarkan analisa teknis, seperti biaya standar bahan, biaya tenaga kerja dan overhead. 

Sedangkan biaya aktual atau biaya sebenarnya adalah biaya yang terjadi secara nyata pada proses produksi.

Jika biaya sebenarnya atau biaya aktual lebih besar daripada biaya standar, maka perusahaan akan merugi, karena tidak sesuai dengan perkiraan.

Disinilah peran akuntansi biaya, untuk menunjukkan keadaan biaya sebenarnya, supaya jika terjadi salah perhitungan dan perkiraan, bisa dicairkan segera solusinya.

Anggaran

Anggaran merupakan aplikasi untuk mengendalikan biaya dalam bisnis perusahaan. Anggaran ditentukan berdasarkan rencana ke depan atau riwayat bisnis pada periode sebelumnya.

Selengkapnya, bisa dibuka via akuntansilengkap.com.