4 Cara Membuat Latte Art Layaknya Barista

Latte art adalah salah satu kesenian dalam menghidangkan kopi dengan cara membuat desain atau pola tertentu di bagian permukaannya. Cara pembuatan latte art adalah dengan menuangkan susu panas pada cangkir yang sudah berisi espresso. Mungkin cara membuat latte art cukup sulit karena membutuhkan ketelitian, namun bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya sendiri.

Dengan sedikit ketekunan dan latihan, Anda pun bisa membuat latte art sendiri di rumah dengan rasa yang tidak kalah nikmat. Setelah menguasainya, Anda dapat berkreasi dengan berbagai macam gambar seperti bentuk hati, daun, tokoh kartun, atau pola lainnya.

Cara Membuat Latte Art di Rumah

  1. Mempersiapkan alat dan bahan

Peralatan yang Anda butuhkan untuk membuat latte art antara lain cangkir kopi, termos stainless, aerolatte, mini espresso atau alat kopi lainnya, dan juga microwave. Sementara itu, bahan yang diperlukan adalah susu nonfat, cokelat bubuk, dan espresso. Untuk proses pembuatannya, silakan ikuti langkah-langkah berikutnya.

  1. Membuat kopi espresso

Langkah pertama dalam pembuatan latte art adalah membuat espresso terlebih dahulu. Anda bisa membuatnya menggunakan alat kopi atau membeli secara manual untuk mendapatkan racikan terbaik. Anda juga dapat menggunakan alat handpresso, minipresso, atau rokpresso untuk menghasilkan espresso dengan rasa maksimal.

  1. Membuat steamed milk dan foam susu

Setelah kopi espresso selesai dibuat, langkah berikutnya adalah membuat steamed milk dan foam susu. Caranya cukup sederhana. Anda bisa menggunakan aeropress untuk membuatnya. Jika tidak memiliki alat tersebut, Anda bisa menuangkan susu ke termos stainless steel dan tutup dengan rapat. Selanjutnya, kocok termos tersebut selama 1 menit. Ulangi langkah ini hingga terlihat berbusa.

Setelah dikocok, buka tutup termos dan masukkan ke microwave. Tunggu sekitar 30 detik supaya susu berubah menjadi foam.

  1. Membuat latte art

Langkah terakhir adalah membuat latte art. Caranya adalah siapkan cangkir sesuai dengan selera. Tuangkan espresso yang telah dibuat ke dalam cangkir secukupnya. Selanjutnya, keluarkan susu yang telah dimasukkan ke dalam microwave dan tuangkan ke dalam cangkir hingga penuh namun jangan sampai terlalu luber.

Perlu diingat, saat menuangkan susu ke kopi espresso, perhatikan jarak antara cangkir espresso dan cangkir susu. Jangan terlalu jauh supaya susu bisa menjadi foam dan melapisi bagian atas espresso. Selanjutnya, Anda busa menggunakan latte art pen untuk membantu melukis foam. Namun, para barista profesional biasanya bisa langsung menggambar sambil menuangkan susu tersebut.

Jadi, pada prinsipnya cara membuat latte art ini cukup sederhana. Hanya saja, memang dibutuhkan ketekunan dan ketelitian apalagi untuk yang baru mulai belajar membuatnya. Anda bisa terus belajar dari berbagai video di internet maupun pergi ke kafe dan melihat bagaimana proses barista menyiapkan latte art dengan benar.