Bisa Bertahan Lebih Lama, Inilah Jenis Pipa Yang Bisa Anda Gunakan!

Sudah pernah mendengar pipa PVC? Pipa jenis ini mulai menjadi primadona bagi setiap kalangan. Pemasangannya yang mudah dan kualitasnya yang teruji membuatnya layak untuk diperhitungkan.

Sekilas Mengenai Pipa PVC

PVC merupakan kepanjangan dari Polyvinyl Choloride. Ini merupakan bahan berkualitas yang memiliki banyak kelebihan. Kualitas bahannya sudah diakui oleh para pakar. Salah satunya dijadikan material dalam pembuatan pipa.

Bahan ini terkenal dengan kelenturannya. Kelenturan bahan bukan berarti membuat bahan ini mudah untuk rusak. Malah sebaliknya, bahan ini sangat aman ketika terkena tekanan karena tidak mudah retak atau rusak.

Pada pengaplikasiannya dalam sebuah pipa, bahan ini nyatanya sangat berguna sekali. Pipa PVC yang memiliki karakter lentur memudahkan Anda dalam proses pemotongan. Dalam uruan pemasangan pipa PVC dan pemotongannya sangat mudah dilakukan untuk mempermudah urusan penyambungan di berbagai saluran pipa yang Anda inginkan di rumah.

Kemudahannya dalam menyambungkan jelas memberikan Anda kesempatan untuk melakukannya sendiri. Tanpa bantuan orang lain, Anda bisa menyambungnya sekehendak hati. Dan ini jelas akan menghemat banyak biaya.

Bagaimana Dengan Daya Tahannya?

Bicara mengenai daya tahannya, pipa berbahan PVC ini jelas lebih unggul. Bahan ini diklaim bisa bertahan selama beberapa tahun. Bahkan sangat kuat meskipun terkena bahan kimia.

Tahannya terhadap bahan kimia ini memungkinkan pipa ini bisa awet meskipun diaplikasikan selama beberapa tahun. Tidak salah jika banyak pemilik rumah atau pemilik industri yang mulai memilih pipa jenis ini ketimbang jenis lainnya.

Selain tahan terhadap bahan kimia, pipa ini juga dikenal tahan terhadap korosi. Anda bisa menimbunnya di dalam tanah tanpa khawatir akan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Ini jelas berbeda jika Anda menggunakan pipa berbahan lain semisal berbahan besi. Bahan besi ini rawan sekali terjadi karatan ketika tertimbun di dalam tanah. Ini bisa dilihat dari berbagai kasus dimana pipa seperti ini mengalami kebocoran.

Beruntung sekali jika saat ini Anda memilih pipa berbahan PVC. Masalah kebocoran akibat korosi ini bisa diminimalisir. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan berapa banyak pipa yang akan digunakan untuk saluran air di rumah.

Tidak perlu khawatir dengan biayanya. Nyatanya, pipa jenis ini harganya sangat reasonable. Tercatat bahwa harganya ada di kisaran 25-40 ribu rupiah perbatang.

Bilamana Anda ingin terbebas dari kebocoran pipa di saluran pembuangan di rumah, solusi terbaiknya adalah menggantinya dengan pipa PVC. Pipa ini sangat rekomended. Untuk memperolehnya dengan harga terjangkau, pipa ini bisa didapatkan langsung di rucika.