Menu Close

5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Dalam Kulkas

Kulkas mini terkadang hanya digunakan untuk menyimpan minuman dingin saja, padahal banyak makanan dan jenis minuman lainnya yang dapat dimasukkan ke dalamnya. Termasuk seperti sisa makanan, sayuran, buah-buahan, keju, dan susu.

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

Setelah membahas makanan atau minuman apa saja yang bisa disimpan ke dalam kulkas, kali ini Anda akan mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh disimpan ke dalam kulkas.

Biji Kopi

Seperti yang kita ketahui, jika biji kopi memiliki aroma khas yang terkadang menyengat dan meninggalkan bau dalam jangka waktu yang lama. Sama halnya ketika dimasukkan ke dalam kulkas, bau dari biji kopi akan diserap oleh makanan lain yang juga disimpan di dalam kulkas. Menyimpan ke dalam kulkas juga membuatnya menjadi lebih encer dan aromanya kurang kuat ketika diseduh. Lebih baik letakkan biji kopi dalam wadah yang kedap udara dan cukup simpan pada suhu ruang. 

Bawang

Selain biji kopi, bahan makanan lain yang tidak boleh disimpan dalam kulkas adalah aneka jenis bawang. Seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay. Kelembaban udara yang ada di kulkas akan mengubah bawang bombay menjadi cepat layu dan lembek, sehingga menghilangkan cita rasa gurih yang ada.

Begitu pula dengan bawah putih dan bawang merah yang disimpan dalam jangka waktu lama di kulkas mini, akan membuat tunasnya bertumbuh dan tekstur bawang menjadi kenyal. Rasanya pun juga tidak setajam jika Anda simpan di suhu ruang atau ruangan yang memiliki suhu tidak terlalu dingin. So, jangan simpan aneka jenis bawang jika tak ingin kehilangan cita rasanya.

Tomat

Tekstur tomat yang lembek, akan menjadi lebih cepat lembek lagi jika disimpan ke dalam kulkas. Udara yang dingin membuat tomat menjadi lebih cepat kusam, sehingga rasa tomat menjadi lebih  hambar. Jadi cukup letakkan tomat di tempat dengan sirkulasi udara yang lancar untuk membuatnya tetap segar.

Roti

Kesalahan yang banyak orang lakukan adalah menyimpan roti ke dalam kulkas. Roti yang disimpan di dalam kulkas akan menjadi kering dan kasar. Menyimpannya ke dalam freezer lebih baik daripada memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Meski dapat menghambat pertumbuhan jamur, hal ini justru menghilangkan tekstur roti yang halus dan lembut.

Minyak

Belum banyak yang mengetahui jika minyak tidak boleh disimpan dalam kulkas, hal ini membuatnya mengental dan membuka seperti margarin. Beberapa jenis minyak yang tidak boleh disimpan ke dalam lemari es adalah minyak kelapa murni atau virgin coconut oil, minyak kelapa sawit, dan minyak zaitun. Meski tidak disimpan dalam kulkas, minyak juga dapat bertahan cukup lama.

Aneka Jenis Kacang

Kacang-kacangan mentah seperti kacang almond, kacang hijau, dan kacang tanah sebaiknya tidak disimpan ke dalam kulkas. Udara dingin membuat kacang tidak lagi gurih. Selain itu, kacang juga dapat menyerap aroma dari kulkas Anda yang membuatnya tidak segar ketika dimasak. Cukup simpan aneka kacang-kacangan ke dalam wadah yang kedap udara dan hindari dari paparan langsung sinar matahari agar tahan lama.

Wah, rupanya ada juga bahan makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulkas mini. Selain merusak teksturnya, beberapa diantaranya juga menyerap aroma dari makanan lain yang disimpan ke dalam lemari pendingin. Setelah mengetahuinya, tentu Anda menjadi lebih selektif memilih bahan makanan apa saja yang dapat disimpan dalam kulkas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *